Kultum 274: Apa Maksud Tuhan Ada di Mana Mana

Tuhan Ada di Mana Mana
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sebagai umat Muslim, tentu saja kita tidak bisa menolaknya. Sebaliknya, kalau Allah tidak memberikan keterangan apapun mengenai hal itu, sebagai umat Islam kita hanya akan menggelengkan kepala karena tidak tahu. Menariknya, di sinilah yang perbedaan keyakinan seorang Muslim dibanding keyakinan di luar Islam.

Perbedaan cara pandang tentang Tuhan bagi umat Muslim dan umat beragama lain mungkin berbeda. Muslim yang baik mengetahui Tuhan Allah melalui penjelasan langsung dari Al-Qur’an, bukan lewat angan-angan, apalagi patung, atau pikiran yang absurd lainnya. Bagi umat Muslim, rasionalitas memang bisa sekadar membantu memastikan keberadaan Tuhan Allah, tapi tidak akan mampu menjawab pertanyaan lanjut seperti bagaimana lain seperti sifat-sifat-Nya atau hukum-Nya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu dalil yang menjelaskan pengertian bahwa Allah Subhanahu wata’ala itu ada di mana-mana, adalah sebagaimana disebtkan dalam Al-Qur’an berikut,

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ

فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۚ

يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْاَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ

مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاۤءِ وَمَا يَعْرُجُ

فِيْهَاۗ وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْۗ وَاللّٰهُ

بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌۗ

Artinya:

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari dalamnya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan (QS. Al-Hadid, ayat 4).

Kata ma’a (bersama) dalam ayat inilah yang mungkin sering menimbulkan salah paham. Mengapa demikian? Sebab dalam percakapan sehari-hari, kita biasa mengatakan bahwa saya ‘bersamamu’ secara leksikal berarti ada bersamamu. Namun, kebersamaan Allah Subhanahu wata’ala bersama manusia artinya adalah suatu muraqabah, yakni ‘penjagaan’ atau ‘pengawasan’. Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *