7 Olahraga Ini Bisa Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Anda

Olahraga Ini Sangat Berbahaya
Squat Barbell
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Olahraga merupakan salah satu komponen utama gaya hidup sehat. Namun, olahraga bisa lebih banyak ruginya daripada manfaatnya jika Anda tidak hati-hati.

“Cedera muncul akibat olahraga dalam berbagai cara,” jelas Kevin Lees, DC, Direktur Operasi Kiropraktik, dari The Joint Chiropractic, penyedia perawatan kiropraktik terbesar di Amerika.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lees dan Kendra Gamble, HIT Fitness Training, Huntingdon Valley, PA, Pelatih Pribadi Bersertifikat NPTI dan Konsultan Nutrisi mengungkap latihan-latihan atau olahraga yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh Anda, dan tips melakukannya tanpa terluka. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

  1. Lari

Inilah kejutannya: Berlari bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda, kata Dr. Lees. “Salah satu latihan yang paling umum dan dapat dilakukan oleh hampir semua orang, lari bisa sangat membebani tubuh jika tidak memakai sepatu yang benar atau berlari dengan form yang tidak baik,” katanya. Cedera pada kaki, pergelangan kaki, lutut, dan punggung bagian bawah sering terjadi.

  1. Romanian Deadlift (RDL)

RDL dapat menyebabkan kerusakan besar pada punggung Anda. “Jika dilakukan secara tidak benar dengan punggung bungkuk, latihan ini dapat menyebabkan tekanan besar pada area pinggang bawah punggung Anda dan mengakibatkan kemungkinan cedera tulang pinggang,” kata Gamble.

Untuk melakukannya dengan aman, dia menyarankan untuk mengencangkan seluruh core Anda “sehingga membantu menguatkan punggung Anda, menjaga tulang belakang tetap netral sepanjang waktu, dan mengangkat dengan kaki Anda (seperti Anda mendorongnya ke lantai) alih-alih punggung Anda.”

  1. Kettlebell Swing

Ini adalah salah satu latihan yang paling umum. Namun, hal tersebut berbahaya, kata Dr. Lees. “Latihan ini merupakan latihan tungkai dan bokong yang melibatkan banyak kelompok otot sehingga memberikan latihan seluruh tubuh,” jelasnya.

“Latihan yang bebannya tidak terkontrol sering kali dapat menyebabkan cedera.” Pastikan Anda melakukannya dengan form yang benar “untuk menghindari cedera pada punggung bagian bawah, pergelangan tangan, siku, dan bahu”.

  1. Upright Rows

Latihan ini dapat menyebabkan “cedera pelampiasan atau ketegangan,” jelas Dr. Lees, karena sudut pergelangan tangan dan siku dan juga “menabrak atau menjepit saraf dan otot di dalam rongga bahu Anda (disebut sendi Glenohumeral Anda,” kata Gamble.

Untuk melakukannya dengan benar, “letakkan tangan selebar bahu dari palang, tarik palang setengah ke dada, atau tempelkan dengan gerakan menyamping pada sudut 45 derajat,” jelasnya.

  1. Squat Barbel atau Smith Machine

Jika dilakukan secara tidak benar, barbell atau Smith machine squat dapat menyebabkan beban berlebihan pada tulang belakang bagian bawah, sehingga mengakibatkan cedera, kata Gamble. “Ini juga dapat menyebabkan cedera lutut jika dilakukan secara tidak benar,” tambahnya. Lakukan dengan aman. Mulailah dengan beban ringan, kaki dibuka selebar bahu, dan selipkan panggul untuk mengurangi kemiringan anterior.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *