7 Olahraga Ini Bisa Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Anda

Olahraga Ini Sangat Berbahaya
Squat Barbell
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Leg Extensions

Menggunakan mesin ekstensi kaki mungkin tampak seperti pilihan yang lebih aman daripada melakukan latihan kaki sendiri, namun sebenarnya tidak demikian, kata Dr. Lees. “Latihan ini digunakan untuk fokus pada kekuatan paha depan. Meskipun beban mesin mungkin tampak seperti alternatif yang aman untuk latihan kaki, latihan ini dapat menambah banyak tekanan pada lutut, memperparah cedera lama atau menimbulkan cedera baru,” katanya.

  1. Overhead Press/Shoulder Press

Latihan overhead press atau shoulder press dapat memberikan tekanan pada bahu jika dilakukan secara tidak benar dan juga mengakibatkan cedera rotator cuff dan dislokasi bahu, kata Gamble. “Hindari menekan dari belakang leher,” sarannya. Jika duduk, usahakan untuk tidak menekan punggung atas ke bagian belakang kursi untuk memungkinkan rotasi skapula, “sebaiknya, berdiri saja agar Anda dapat menstabilkan diri dengan punggung dan inti,” katanya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tips Cara Menghindari Cedera

  1. Berolahraga dengan Seseorang yang Berpengalaman

Secara umum, untuk menghindari cedera, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan profesional atau teman olahraga yang memiliki banyak pengalaman. “Memiliki sepasang mata untuk memastikan Anda tidak kehilangan postur atau bentuk tubuh yang tepat sangat penting dalam mencegah cedera,” jelas Dr. Lees. Bahkan atlet berpengalaman pun bisa kehilangan performa terbaiknya ketika mereka lelah atau tidak berkonsentrasi.

  1. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Dr Lees juga menyarankan pemanasan sebelum latihan. “Otot menjadi lebih elastis dan responsif ketika mereka memiliki aliran darah yang baik. Melakukan latihan sebelum melakukan pemanasan otot dapat dengan cepat menyebabkan ketegangan dan robekan,” katanya.

  1. Biarkan Tubuh Anda Beristirahat

Terakhir, jangan membebani tubuh Anda secara berlebihan. “Berolahraga menyebabkan robekan kecil dan kerusakan pada otot dan persendian. Bekerja berlebihan pada otot justru dapat melemahkan otot seiring berjalannya waktu, bukannya memperkuatnya,” kata Dr. Lees.

“Memberikan istirahat beberapa hari untuk memperbaiki kelompok otot akan menunjukkan hasil yang lebih baik. Jumlah istirahat yang dibutuhkan meningkat seiring bertambahnya usia, jadi jangan berasumsi bahwa tubuh Anda akan merespons sama seperti saat Anda berolahraga di usia 20-an.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *