Penderita Diabetes Bisa Mencoba 5 Cara Menurunkan Gula Darah di Pagi Hari

Cara Menurunkan Gula Darah
Bersepeda
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Cara menurunkan gula darah di pagi hari pada pasien diabetes berikut ini bisa Anda coba.

Artikel ini juga menjelaskan mengapa kadar gula darah meningkat pada penderita diabetes

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Situs web Very Well Health mengatakan gula darah puasa Anda, kadang disebut gula pagi, adalah jumlah glukosa dalam darah Anda delapan hingga 10 jam setelah Anda belum makan.

Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat tentang seberapa baik Anda mengontrol kadar gula darah tanpa makanan.

Ada beberapa cara mengontrol gula darah pagi secara alami jika Anda menderita diabetes. Ini bisa sangat membantu jika Anda melihat lonjakan gula darah secara tiba-tiba dan Anda tidak mengetahui alasannya.

Mengapa gula darah tinggi di pagi hari

Idealnya, saat menguji gula darah Anda di pagi hari, kadarnya harus antara 70 dan 99 miligram per desiliter (mg/dL) jika diabetes Anda terkontrol dengan baik.

Namun, seringkali seseorang menemukan bahwa gula darahnya tinggi meskipun telah melakukan semua yang diperintahkan oleh penyedia layanan kesehatannya.

Hal ini mungkin disebabkan oleh peristiwa yang relatif umum disebut fenomena fajar yang memengaruhi sekitar 50% pengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2.2

Fenomena fajar disebabkan oleh rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat anda sedang tidur.

Pada penderita diabetes, tubuh seringkali memproduksi insulin lebih sedikit di malam hari. Insulin adalah hormon yang memberi tahu hati kapan harus berhenti memproduksi glukosa.

Menjelang pagi hari, hormon seperti kortisol dan glukagon dilepaskan sebagai bagian dari siklus tidur-bangun tubuh untuk “memberi bahan bakar” sel dengan glukosa sebagai persiapan untuk hari yang akan datang.

Kombinasi insulin rendah dan hormon tinggi berkontribusi terhadap lonjakan gula darah (dikenal sebagai hiperglikemia) di pagi hari.

Meskipun fenomena fajar biasa terjadi, ada lima hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari lonjakan gula darah di pagi hari dengan lebih baik, mengutip Very Well Health:

1. Ubah rutinitas latihan Anda

Olahraga menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berarti, tubuh Anda menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif.

Penelitian menunjukkan, berolahraga di sore hari atau setelah makan malam membantu menstabilkan kadar insulin di malam hari. Dengan menjaga kadar insulin Anda pada kondisi stabil, tubuh dapat melawan lonjakan glukosa alami di pagi hari.

Anda tidak memerlukan latihan keras untuk mencapai hal ini. Sebaliknya, lakukan latihan intensitas rendah seperti:

  • Sedang berjalan
  • Bersepeda
  • Renang
  • Yoga

Jika kadar gula di pagi hari masih tinggi, melakukan olahraga intensitas sedang sebelum sarapan bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat sekaligus meningkatkan kontrol glukosa sepanjang hari.

2. Batasi karbohidrat malam

Pola makan memainkan peran utama dalam mengelola diabetes dan menjaga kadar gula darah yang sehat. Hal ini terutama berlaku ketika menyangkut makan karbohidrat.

Meskipun karbohidrat adalah bagian penting dari diet apa pun, karbohidrat harus dikonsumsi dalam jumlah sedang jika Anda menderita diabetes. Ini karena tubuh mengubah 100% karbohidrat menjadi glukosa.

Jadi, jika Anda mengonsumsi karbohidrat pada larut malam, kadar glukosa dalam darah Anda akan meningkat seiring dengan menurunnya kadar insulin.

Jika Anda lapar sebelum tidur, pilihlah camilan tinggi serat dan rendah lemak yang dapat memuaskan rasa lapar Anda tanpa mempengaruhi gula darah Anda secara signifikan. Contohnya meliputi:

  • Buah dan sayuran segar
  • Yoghurt bebas lemak atau rendah lemak
  • Popcorn bebas lemak
  • Granola rendah lemak
  • Telur rebus
  • Es loli bebas gula
  • Apel kecil dan keju rendah lemak

Membatasi asupan karbohidrat di malam hari adalah salah satu cara untuk menghindari lonjakan di pagi hari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *