Siap Tempur

Wakafmu
joko intarto
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Joko Intarto

Hajinews.co.id – Pengembangan platform penghimpunan wakaf uang dengan nama ‘’Wakafmu’’ akhirnya selesai juga. Memang masih versi beta. Tapi sudah lolos tes mengelola hingga 10.000 transaksi dalam waktu bersamaan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kabar baik itu datang tigaa hari yang lalu. Pak Habibullah dari Permata Bank Syariah (PBS) yang menyampaikan. ‘’Tanggal 23 November 2023, platform Wakafmu sudah bisa diujicoba. Sehari lebih cepat dari jadwal yang direncanakan,’’ katanya melalui Whatsapp group.

Pak Syafrol Makmur, bendahara Majelis Pendayagunaan Wakaf (MPW) Pengurus Pusat Muhammadiyah menyambut dengan antusias. ‘’Mari kita bertemu untuk melakukan review,’’ sahutnya.

Pertemuan itu akhirnya terlaksana secara daring, Kamis malam (23/11). Tim digitalisasi MPW PP Muhammadiyah diwakili Pak Syafrol, Pak Nur Hakim, Pak Kurnia dan saya sendiri. Sedangkan dari PBS diwakili Pak Habibullah, Pak Roy, Pak Fauzan dan Bu Jane.

Hampir selama dua jam kami mereview platform Wakafmu. Berikut catatan saya:

Visualisasi

Visual platform Wakafmu didesain nyaman diakses menggunakan semua jenis device seperti personal computer, laptop, tablet PC dan smartphone.

Tiga Rekening Pusat – Ranting

Organisasi Muhammadiyah memiliki struktur dari pusat hingga ranting. Platform Wakafmu telah didesain agar bisa mengakomodasi struktur tersebut, sehingga MPW di seluruh tingkatan hanya perlu menggunakan satu platform Wakafmu. Tidak perlu setiap level organisasi membuat platform sendiri-sendiri.

Dengan satu platform, rekening yang digunakan juga adalah satu rekening induk. Meski demikian, teknologi perbankan yang digunakan telah menyediakan sistem ‘’satu rekening induk untuk jumlah akun program yang tidak terbatas’’.

Ada tiga rekening induk yang telah disiapkan, sesuai karakter pemanfaatan dana wakaf:

  1. Rekening induk dana wakaf abadi
  2. Rekening induk dana wakaf berjangka
  3. Rekening induk dana infak.

Tiga rekening induk itu digunakan sesuai karakter program masing-masing kantor MPW. Setiap kantor bisa membuka program penghimpunan wakaf sesuai karakter pemanfaatan dananya. Walau rekening induknya sama, dana-dana yang dikumpulkan setiap kantor tersebut akan terkumpul ke rekening turunan sesuai akun programnya, secara otomatis.

Pembayaran Multi Channel

Platform Wakafmu bisa menerima pembayaran dari berbagai metode transfer. Sistem transfer antar-bank mengakomodasi 60 bank nasional yang menggunakan berbagai sistem transfer yang terakreditasi GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), baik dengan cara transfer manual melalui kantor kas, ATM transfer m-banking. Transaksi menggunakan uang digital yang diterbitkan setiap bank seperti e-Money, Flazz, Brizzi, TapCash dan lain-lain diakomodasi dengan QRIS PBS.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *