133 Calon Jemaah Kota Probolinggo Batalkan Porsi Haji, Ini Beberapa Alasannya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Calon jemaah haji asal Kota Probolinggo yang membatalkan porsi antrean pemberangkatan ibadah haji terus bertambah. Salah satu alasannya, masa tunggunya terlalu lama.

Dari data yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Bromo sebagaimana hajinews lansir, sejak Januari-November 2023, tercatat sudah ada 133 calon jemaah haji yang membatalkan dan menarik setoran awal pendaftaran jemaah haji.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Alasannya, beragam. Dari antrean yang terlalu lama sampai makin melambungnya biaya haji.

“Setiap tahun biaya haji naik terus. Nanti bisa-bisa jadi berapa besaran biaya pelunasan haji itu,” ujar warga Kecamatan Kanigaran, Suhud.

Ia mengaku berencana membatalkan dan menarik setoran awal porsi hajinya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Probolinggo Fausi membenarkan adanya sejumlah calon jemaah haji yang memilih membatalkan dan menarik setoran awal biaya hajinya. Ia mengaku tidak bisa berbuat banyak atau melarang agar tidak dibatalkan.

“Kami terus mengimbau kepada masyarakat jika sudah niat berangkat haji dan telah mendaftar, supaya ditunggu sampai berangkat. Karena jika sudah daftar dan niat haji, itu berarti sudah melaksanakan niat haji,” ujarnya, Ahad (26/11).

Soal banyaknya calon jemaah haji yang membatalkan pendaftaran karena tingginya biaya haji tahun depan, Fausi mengatakan, biaya haji tahun depan masih dalam pembahasan.

Sedangkan, calon jemaah haji yang datang membatalkan porsi antrean haji sudah ada sebelum adanya usulan biaya haji tahun 2024.

Karena itu, menurutnya, adanya pembatalan porsi antrean haji bukan karena soal biaya haji yang dinilai naik dan tinggi. Tetapi, banyak faktor.

Mulai dari merasa antrean cukup lama, terhimpit kebutuhan ekonomi, sampai memutuskan untuk ganti daftar umrah atau haji plus.

“Faktor pembatalan pendaftaran pemberangkatan ibadah haji memang banyak dan kompleks,” katanya.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *