Jangan Bernadzar Maksiat

Jangan Bernadzar Maksiat
KH Luthfi Bashori
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.co.id – Terkadang ada di kalangan orang Islam yang tidak mempelajari ajaran keislaman secara baik dan benar, sehingga pemahaman dalam keagamaannya itu menjadi setengah-setengah. Akibatnya seringkali melakukan suatu amalan yang namanya menggunakan istilah agama, namun hakikatnya melanggar aturan agama itu sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Misalnya, istilah nadzar yaitu janji seseorang untuk melakukan sesuatu jika tujuan yang diinginkan tercapai. Nadzar adalah salah satu ajaran Islam, namun Nadzar ini ada batasannya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa bernadzar hendak taat kepada Allah, maka hendaknya ia menaati-Nya, dan barang siapa bernadzar hendak berbuat durhaka kepada-Nya, maka hendaknya ia jangan durhaka kepada-Nya.” (HR. Sayyidah Aisyah RA)

Nadzar itu wajib ditunaikan dalam hal ketaatan kepada Allah, tetapi jika dalam hal kedurhakaan maka tidak boleh dilaksanakan, dan orang yang bersangkutan harus membayar kafarat dari nadzarnya, yaitu wajib berpuasa selama 3 hari berturut-turut (tidak boleh diselang)

Ada kemungkinan terjadi di kalangan masyarakat awam yang merasa terlajur bernadzar, namun isi nadzarnya justru melanggar aturan syariat. Konon ada pelajar yang bernadzar, jika ia lulus ujian sekolah maka akan berkeliling desa dalam keadaan telanjang bulat.

Padahal bertelanjang bulat di depan umum itu hukumnya haram dan bertentangan dengan ajaran syariat. Maka nadzar yang seperti itu tidak boleh dilaksanakan, dan wajib membayar kafarat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *