5 Kisah Nabi Yang Dibunuh dan Disiksa Oleh Orang Yahudi

Kisah Nabi Yang Dibunuh
banner 400x400

Hal yang berbeda diriwayatkan oleh Ishaq bin Bisyr, dari Idris bin Sinan, dari Wahab bin Munabbih. Ia berkata, “Orang yang terbunuh di dalam pohon adalah Yesaya, sedangkan Zakariya meninggal dunia dengan cara yang wajar.” Wallahu A’lam

  1. Nabi Uria bin Semaya

Uria bin Semaya atau Uriah adalah seorang Nabi yang disebutkan dalam Kitab Yeremia (26:20-24). Uria digambarkan sebagai putra Semaya dari Kiriath-Jearim. Pada masa pemerintahan Yoyakim, Raja Yehuda, ia melarikan diri ke Mesir dari kekejaman raja. Tetapi setelah dibawa kembali ia dipenggal dan tubuhnya dilemparkan ke kuburan rakyat biasa.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Penyiksaan Nabi Yeremia (Jeremiah)

Begitu pula raja Kerajaan Yehuda terakhir, Zedekia, yang menyiksa dan memenjarakan Nabi Yeremia (إرميا) di dalam sumur. Dilansir dari Islampedia, Kerajaan Yehuda berakhir saat Nabi Yeremia dipenjara. Raja Babylonia, Nebuchadnezzar II, menghancurkan Yerusalem pada 587 SM. Baitul Maqdis ikut dihancurkan dalam serangan tersebut. Na’udzubillahi min dzalik.

Selain membunuh dan menyiksa para Nabi di atas, Bani Israil juga dikisahkan pernah mencoba membunuh Nabi Isa ‘alaihissalam. Namun, upaya mereka gagal. Allah Ta’ala telah menyelamatkannya sebelum peristiwa tersebut.

بَلْ رَّفَعَهُ اللّٰهُ اِلَيْهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

Artinya: “Tetapi Allah telah mengangkat Isa ke hadirat-Nya. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisaa’ Ayat 158)

Diangkatnya Nabi Isa ke atas langit ada perbedaan pendapat. Menurut jumhur ahli tafsir, beliau diangkat dengan jasmani dan rohaninya, dalam keadaan hidup sebagai suatu mukjizat. Maka Nabi Isa yang diangkat ke langit dengan jasmani dan rohani, sejak diangkat sampai turun kembali ke bumi, sepenuhnya di tangan Allah.

Wallahu A’lam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *