Hukum Yasinan Pada Malam Jumat Menurut Ustadz Abdul Somad

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Hukum Yasinan bisa dibaca di sini pada Jumat malam menurut Ustad Abdul Somad. Diketahui, Surat Yasin berada pada peringkat ke-36 dalam kitab suci Al-Qur’an.

Surat Yasin terdiri dari ayat 1 sampai 83. Kemudian termasuk dalam kelompok Surat Makkiyyah atau merupakan turun kepada Nabi Muhammad SAW, di kota Makkah, Arab Saudi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ustad Abdul Somad mengungkapkan, ada dalil baiknya membaca Surah Yasin setiap malam.

“Haditsnya jayyid. Isnaduhu jayyid. Jayyid ini antara hasan dan sahih. Ini ada di dalam Tafsir Imam Ibnu Katsir,” ujar Ustadz Abdul Somad dalam tayangan di YouTube.

Selain itu dalam Surat Yasin, manusia diingatkan pasti akan datang menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Saat itu mulut terkunci dan kaki serta tangan akan bersaksi atas semua perbuatan yang dilakukan di dunia.

“Surat Yasin ini merupakan perenungan yang luar biasa bagi manusia,” ucap UAS.

Amalan membaca Surat Yasin pada malam Jumat ditegaskan dalam sebuah hadits berikut ini yang artinya:

“Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, barang siapa di malam Jumat membaca Ad-Dukhan dan Yasin, maka ia diampuni di pagi harinya.” (HR Baihaqi nomor 2248 dalam kitab Syu’ab al Iman)

Dilansir Muhammadiyah.or.id, hadits tersebut tergolong sebagai hadits daif. Kemudian juga termasuk hadits yang bermasalah.

Alasannya karena di dalam rangkaian sanadnya terdapat seorang perawi yang benama Hisyam bin Ziyad dari generasi tabiut-tabiin yang menurut Ibnu Hajar al Atsqalani, dia itu adalah perawi yang matruk (perawi yang tersangat daif dan tidak diambil hasilnya), dan banyak ulama yang menyatakan kedaifannya.

Sedangkan menurut Az-Zahabi, Hisyam bin Ziyad itu lemah. Dari rangkaian para perawi tersebut, Hisyam bin Ziyad adalah sosok yang bermasalah di kalangan ulama hadits.

Terkait hadits yang spesifik membahas tentang membaca Surat Yasin di malam Jumat, termasuk hadits yang bermasalah, sehingga tidak bisa dijadikan hujah.

Jadi, Surat Yasin boleh dibaca setiap malam, termasuk malam Jumat, namun tidak boleh dikhususkan pada malam Jumat saja, begitu pula surat yang lain.

Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *