Pesan Rasulullah SAW: Jangan Pernah Melewatkan Salat 5 Waktu

Jangan Pernah Melewatkan Salat 5 Waktu
Salat 5 Waktu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Salat merupakan salah satu rukun agama, Salat juga merupakan salah satu bagian dari rukun Islam yang wajib dijalani oleh umat islam, oleh karena itu setiap umat islam wajib melaksanakan salat 5 waktu.

Nabi (saw) selalu menasihati umatnya untuk menjalankan Salat 5 waktu. Pesan ini terdapat dalam berbagai sabdanya , antara lain:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pertama

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رضي الله عنه، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَخْطُبُ فِي حَجَّةِ الوَدَاعِ، فَقَالَ: «اتَّقُوا اللَّهَ رَبَّكُمْ، وَصَلُّوا خَمْسَكُمْ، وَصُومُوا شَهْرَكُمْ، وَأَدُّوا زَكَاةَ أَمْوَالِكُمْ، وَأَطِيعُوا ذَا أَمْرِكُمْ تَدْخُلُوا جَنَّةَ رَبِّكُمْ

Dari Abu Umamah RA, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW khutbah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika haji wada’, beliau bersabda: “Bertakwalah kepada Allah Rabb kalian, kerjakanlah Salat lima waktu, berpuasalah di bulan Ramadlan, tunaikanlah zakat mal kalian, dan taatilah pemimpin kalian, niscaya kalian masuk surga Rabb kalian.” Dia (Sulaim bin ‘Amir) berkata, saya bertanya kepada Abu ‘Umamah, sejak kapan kamu mendengarnya dari Rasulullah? Dia menjawab, saya mendengarnya ketika berumur tiga puluh tahun. Abu ‘Isa berkata, ini adalah hadits hasan sahih.

Kedua

خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللَّهُ عَلَى الْعِبَادِ، فَمَنْ جَاءَ بِهِنَّ لَمْ يُضَيِّعْ مِنْهُنَّ شَيْئًا اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ، كَانَ لَهُ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدٌ أَنْ يُدْخِللَهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ لَمْ يَأْتِ بِهِنّنَّ فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدٌ، إِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ، وَإِنْ شَاءَ أَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ

“Allah telah mewajibkan lima Salat kepada manusia, barangsiapa melakukannya dengan tidak menyia-nyiakan sesuatupun dari lima Salat itu, karena meremehkan hak-haknya, dia memiliki perjanjian di sisi Allah, bahwa Allah akan memasukannya ke dalam surga. Dan barangsiapa tidak melakukannya, dia tidak memiliki perjanjian di sisi Allah, jika Allah menghendaki, Dia akan menyiksanya, dan jika Allah menghendaki, Dia akan memasukannya ke dalam surga.” (HR Abu Dawud no 1420, Ibnu Hibban Ta’liqotul Hisan no 1728)

Dari kedua hadits di atas bisa dimpulkan terkait Salat 5 waktu yaitu kewajiban Salat 5 waktu sehari semalam. Kedua sabda Rasulullah SAW di atas juga menegaskan kewajiban mengagungkan urusan Salat , tidak boleh menyia-nyiakan waktunya, wudhunya, rukuknya, sujudnya, dan khusyuknya.

Di samping itu pula, orang yang mengagungkan urusan Salat memiliki perjanjian di sisi Allah SWT untuk dimasukkan ke dalam surga. Orang yang menyia-nyiakan urusan Salat pantas mendapatkan siksaan.

Namun itu terserah kehendak dan hikmah Allah SWT. Jika Allah SWT menghendaki, Dia akan menyiksanya, dan jika Allah SWT menghendaki, Dia akan memasukannya ke dalam surga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *