Hikmah Malam: Allah Suka Melihat Bekas Nikmat-Nya Pada Hamba-Nya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ada hal yang sering dianggap tidak pantas bagi seorang Muslim, namun justru itu anjuran dari agama kita, yaitu memilih fasilitas yang terbaik jika kita mampu. Memakai pakaian terbaik, memilih makanan paling lezat, memilih kendaraan paling bagus, memilih parfum yang paling wangi, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang Allah beri kita kemampuan didalamnya untuk memilih yang terbaik itu adalah bentuk contoh-contoh anjuran dari agama kita. Rasulullah ﷺ bersabda,

. إِنَّ اللَّهَ يُحِبَّ أَنْ يُرَى أَثَرُ نِعْمَتِهِ عَلَى عَبْدِهِ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sesungguhnya Allah suka melihat tampaknya bekas nikmat Allah kepada hamba-Nya.” (HR. Tirmidzi no. 2819 dan An Nasa’i no. 3605, Shahih)

Namun tentu saja dengan satu catatan, yaitu tidak boleh berlebihan. Hal ini juga dikuatkan dengan Hadits lain yang menunjukkan bahwa perkara ini bukanlah bentuk kesombongan, justru salah satu bentuk menggunakan fasilitas dan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada seorang hamba.

Rasulullah ﷺ bersabda ketika ditanya tentang seseorang yang senang berpakaian dan memakai sandal yang bagus,

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim no. 91)

Namun tentu saja, kita perlu tahu bahwa setan senantiasa mengintai manusia dan mencoba untuk merubah niat manusia dalam suatu kegiatan yang baik, maka perlu kita tetapkan niat dengan baik dan berlindung kepada Allah agar benar-benar tidak terjatuh ke dalam kesombongan, dan saat manusia salah niat saat itu lah ia terjerumus ke dalam kesombongan.

Allahu Ta’ala A’lam bisshowab

——————————————
Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]U

Oleh: stadz Khalid Basalamah

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *