Surat Penyejuk Hati Dalam Al-Qur’an: Mari Kita Amalkan Secara Rutin Agar Terhindar Dari Kesusahan

Surat Penyejuk Hati Dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dari Ubay Bin Ka’b ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda “Barangsiapa membaca surat Ar Rahmaan niscaya Allah rahmati ketiada berdayaannya dan ia telah menjalankan rasa syukur atas nikmat Allah padanya”.

Orang yang membaca Surat Ar rahman akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, sebagaimana dalam hadis yang bersumber dari sahabat Ubay bin Ka’ab. Rasulullah SAW bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

من قرأ سورة الرَّحْمن رحم الله ضعفه ، وأدّى شكر ما أنعم اللّه عليه

Artinya: Barangsiapa yang membaca Surat Ar-Rahman, maka Allah akan merahmati ketidakberdayaannya dan ia telah menunaikan syukur atas nikmat yang Allah berikan kepadanya. (HR. Baihaqi)

3. Surat Thaha

Surat Thaha menceritakan perjuangan Nabi Musa dalam melawan kezaliman di masanya. Nabi Musa yang dikisahkan memiliki kesulitan dalam berbicara justru diperintah untuk menyebarkan ajaran Allah.

Dengan membaca surat ini, umat muslim akan menyadari bahwa apa yang sudah dikehendaki oleh Allah, maka itu adalah yang terbaik untuk hambaNya. Hal ini tentu menjadi penyemangat dan penenang dalam menjalani cobaan hidup.

4. Surat Yusuf

Sesuai dengan namanya, surat Yusuf banyak menceritakan tentang kenabian Nabi Yusuf. Nabi Yusuf dikisahkan sebagai nabi yang sangat sabar meskipun mengalami kejadian buruk, fitnah, hingga penderitaan.

5. Surat Ad Dhuha

Surat Ad Dhuha adalah surat ke-93 dalam Al-Qur’an yang tergolong surat Makkiyah. Surat ini diturunkan saat Rasulullah SAW bersedih karena sudah tidak menerima wahyu dari Allah selama 6 bulan.

Di sisi lain, semakin banyak orang yang membencinya karena menyebarkan agama Islam. Oleh sebab itu, surat ini diturunkan sebagai penenang bagi utusan Allah yang sangat menderita saat itu.

6. Surat Al Insyirah

Surat Al Insyirah merupakan surat ke-94 dalam Al-Qur’an yang tergolong ke dalam surat Makiyah. Surat ini pertama kali diturunkan saat Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekkah dan Madinah.

Di dalam surat tersebut, Allah telah berfirman bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Dengan begitu, orang yang beriman akan dijanjikan kebahagiaan setelah diterpa berbagai cobaan.

7. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas

Ketiga surat ini dianggap sebagai surat yang dapat menenangkan kegelisahan dalam hati manusia. Rasulullah bahkan menyebut bahwa ketiga surat tersebut dapat melindungi seorang mukim dari segala keburukan dan penyakit.

Membaca surat ini bahkan setara dengan membaca sepertiga Al-Qur’an. Beberapa doa penenang hati bahkan diambil dari surat-surat tersebut.

Itulah ulasan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *