Sayangkan Dukungan Oknum Muslimat NU Jatim ke Paslon Pilpres 2024, HISNU Minta PBNU Menegur

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menyayangkan tindakan oknum yang melakukan politisasi terhadap Nahdlatul Ulama (NU).

Koordinator Nasional HISNU, Yusub Hidayat menyesalkan tindakan oknum yang mengatasnamakan Muslimat NU Jawa Timur yang mendeklarasikan dukungan untuk salah satu pasangan calon di Pilpres 2024, Jumat (8/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yusub menjelaskan jika hal ini tak boleh dibiarkan.

Sebab mengancam keutuhan NU.

“Sangat menyesalkan tindakan politisasi Muslimat NU dalam Pilpres 2024. Sebagaimana beredar di medianmassa dan medsos ibu-ibu dengan seragam Muslimat NU, spanduk MUSLIMAT NU mendeklarasikan dukungan kepada salah satu pasangan capres-cawapres dalam Pilpres 2024,” Jelas Yusub Hidayat, Jumat (8/12/2023).

Ia menambahkan, oknum yang mencatut nama Muslimat NU menjadikan pelecehan terhadap keputusan kembali Khitthah 1926 NU.

“Mencatut Muslimat NU itu, sangat melecehkan keputusan kembali Khitthah 1926 NU. Harus diingat, bahwa, keputusan kembali ke Khitthah 1926 NU tersebut, merupakan ketetapan para masyayikh NU setelah melalui upaya panjang, baik secara lahir mau pun batin,” bebernya.

Dalam hal ini Yusub juga meminta agar PBNU bisa menegur oknum yang mencatut nama Muslimat untuk politik.

“Hal ini pernah dilakukan oleh PBNU kepada PCNU yang dinilai telah melanggar keputusan khitthah 1926 NU,” Kata Yusub.

Diketahui sebelumnya, ratusan ibu-ibu Muslimat NU Jawa Timur menggelar deklarasi dukungan untuk paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 di Jombang, Kamis (7/12/2023).

Tampak dalam deklarasi itu, sejumlah ibu mengatasnamakan Muslimat NU terang terangan menyatakan mendukung salah satu pasangan calon.

Mereka terlihat berpakaian seragam muslimat dan membentangkan sepanduk dukungan terhadap paslon tersebut.

 

NU tidak mendukung salah satu paslon

Musyawarah Nasiona (Munas) Alim Ulama yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul (PBNU) menghasilkan sejumlah rekomendasi terkait sikap NU dalam tahun politik khususnya menghadapi Pemilu 2024.

Koordinator Komisi Rekomendasi Munas-Konbes NU 2023 KH Ulil Abshar Abdalla membacakan hasil Komisi Rekomendasi menegaskan menegaskan bahwa NU tidak tertarik dan mau terlibat langsung dengan politik praktis.

Termasuk, soal dukungan terhadap satu nama maupun salah satu partai politik yang menjadi kontestasi Pemilu 2024.

“Terkait perkembangan atau situasi politik saat ini. Situasi pemilu 2024. Inti rekomendasi kita, adalah bahwa NU tidak tertarik untuk terlibat dalam politik dukung mendukung. Bukan politik untuk mendukung satu nama atau satu partai,” ujar Ulil Abshar Abdalla  dalam konferensi pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (19/9).

Menurut Ulil, NU berpolitik berdasarkan dengan nilai. Sehingga NU tidak mendukung sosok maupun partai tertentu.

Ulil juga menegaskan bahwa NU memperjuangkan nilai-nilai dalam berpolitik yang berpihak kepada kemaslahatan, kesejahteraan dan keadilan.

“Politik harus berdasarkan pada nilai-nilai kemaslahatan, kesejahteraan, dan keadilan. Itu adalah rekomendasi kita terkait politik elektoral,” tutur Ulil.

Rekomendasi ini, kata Ulil, bersandar kepada Muktamar NU 1989 di Krapyak, Yogyakarta. Di mana, NU harus berpegang pada politik kebangsaan dan bukan pada politik praktis.

Berikut pedoman berpolitik yang dirumuskan dalam Muktamar NU 1989:

Politik bagi NU adalah bentuk keterlibatan warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,

Berpolitik haruslah didasarkan pada wawasan kebangsaan untuk jaga keutuhan bangsa,

Berpolitik adalah wujud dari pengembangan kemerdekaan yang hakiki untuk mendidik kedewasaan warga guna capai kemaslahatan bersama,

Berpolitik harus diselenggarakan dengan akhlakul karimah seusai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah,

Berpolitik harus diselenggarakan dengan kejujuran didasari pada moralitas agama, konstitusional, adil, sesuai dengan norma-norma dan peran-peran yang disepakati,

Berpolitik dilakukan untuk memperkokoh konsensus nasional, bukan malah menghancurkannya,

Berpolitik dengan alasan apapun tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan kepentingan bersama dan memecah belah bangsa,

Perbedaan aspirasi berpolitik di kalangan warga NU harus tetap berjalan dalam suasana persaudaraan, tawaddu dan saling hargai satu sama lain,

Politik harus mendorong tumbuhnya masyarakat yang mandiri sebagai mitra pemerintah.

Sehingga penyelenggaraan negara tak boleh bersifat state heavy, melulu dikuasai pemerintah dengan abaikan aspirasi masyarakat.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengungkapkan makna pernyataan dirinya yang menyebut NU tidak akan pernah jauh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di mana, pernyataan tersebut disampaikan dirinya membuka Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta, Senin (18/9) kemarin.

Menurut Gus Yahya, Jokowi telah menjadi bagian dari NU dengan menjadi Dewan Pengampu Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

Sehingga, menurut Gus Yahya, Jokowi menjadi bagian yang tidak bisa jauh dari NU.

“Kenyataannya Nahdlatul Ulama sudah punya GKMNU dan Insinyur Haji Joko Widodo adalah salah seorang dewan pengampunya. Bagaimana bisa jauh, karena beliau nanti yang akan memberikan evaluasi arahan dan seterusnya,” kata Gus Yahya dalam konferensi pers.

Meski begitu, Gus Yahya mengakui pengangkatan Jokowi sebagai Dewan Pengampu GKMNU akan berpengaruh terhadap kebijakan Pemerintah.

Selain itu, Gus Yahya menegaskan bahwa pernyataan ini terkait dengan kontestasi politik.

Mengingat, menurut Gus Yahya, Jokowi tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai calon presiden maupun wakil presiden.

“Saya pertegas apakah ada hubungannya dengan coblos mencoblos lah kan insinyur Joko Widodo bukan, pihak sudah tidak bisa nyalon lagi dan seterusnya jadi sudah tidak relevan. Saya kira untuk dipertanyakan soal itu,” jelas Gus Yahya.

“Yang jelas pada dasarnya NU sebagai lembaga tidak akan terlibat dalam politik kompetisi tidak jadi pihak dalam kompetisi dan peran politik NU terkait tanggung jawab kebangsaan kemaslahatan bersama dan kemanusiaan,” tambah Gus Yahya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf berterimakasih atas dukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap keluarga besar NU.

Menurut Gus Yahya, Presiden tidak pernah jauh dari NU.

Hal itu disampaikan Gus Yahya di depan Presiden dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, (18/9).

“Saya sepenuhnya merasakan bahwa sejak memulai amanah ini, pak Presiden tidak pernah jauh-jauh dari PBNU, senantiasa membersamai PBNU sampai titik ini,” kata Gus Yahya.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *