Sekjen Buka Muswil IPHI Papua Barat, Pertama Kali Setelah Vakum 13 Tahun

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Penyelenggaraan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke satu IPHI Papua Barat dibuka oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), H Abidinsyah Siregar.

Muswil yang menghadirkan perwakilan IPHI daerah se-Papua Barat dan pengurus lama IPHI itu digelar di Hotel Valdos Manokwari, Sabtu (9/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sambutannya, Abidinsyah Siregar mengatakan IPHI adalah wadah dengan sejumlah tujuan, antara lain mengajak anggota berbuat baik kepada sesama manusia.

“Seorang haji itu, satu syaratnya ialah istitha’ah atau mampu. Setelah itu, haji harus berbuat, tidak boleh diam,” katanya.

Menurut, Allah Swt tidak menilai haji ketika berangkat ke Tanah Suci melainkan mulai berhitung saat haji telah menunaikan ibadahnya atau setelah menjadi haji.

Sebelumnya, Perwakilan Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat, Hj Sri Asti Nurmaya mengungkapkan IPHI adalah wadah alumni haji seluruh Indonesia.

Di seluruh Indonesia, IPHI terdiri dari 34 pengurus wilayah dan 365 pengurus daerah.

IPHI bersifat permanen dan terorganisasi dengan visi, misi, dan program yang jelas serta prinsip keorganisasian dan kepemimpinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan budaya leluhur bangsa.

Satu di antara misi IPHI ialah memotivasi para jamaah pasca haji utamanya dalam memelihara dan menjaga nilai-nilai kemabruran haji.

“Karena memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh,” katanya.

Muswil IPHI Papua Barat diharapkan menjadi wahana evaluasi diri masing-masing untuk mengukur sejauh mana organisasi menjalankan kewajibannya sesuai ajaran Islam.

Peran dan kiprah IPHI Papua Barat diharap juga mampu menjembatani kepentingan masyarakat muslim serta penghubung ajaran agama dengan realita sosial.

Plt Ketua IPHI Papua Barat, H Mulyadi Jaya, mengatakan Muswil digelar setelah IPHI Papua Barat vakum sekitar 13 tahun.

IPHI disebutnya merupakan satu organisasi yang membawa rukun Islam.

Ia berharap Muswil nantinya menghasilkan sejumlah program untuk melanjutkan yang telah digagas tokoh-tokoh haji sebelumnya di Papua Barat.

“Untuk memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai haji mabrur itu,” harap Mulyadi Jaya.

Plt Sekretaris IPHI Papua Barat, H Meidi Prakoso menyebut Muswil akan membahas sejumlah program kerja IPHI sekaligus memilih pengurus periode 2023-2028.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *