Breaking News! Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Hancur oleh Serangan Israel

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Masjid Istiqlal Indonesia yang berada di Kota Khan Younis, Gaza hancur imbas serangan pesawat tempur Israel. Masjid tersebut dibangun selama beberapa tahun dari penggalangan dana masyarakat Indonesia untuk warga Palestina.

Informasi ini dikabarkan dari Palestinian Information Center (PIC) dan kantor berita Palestina, Quds News Network, melalui akun media sosial X masing-masing dalam unggahannya pada Senin (11/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Pesawat pendudukan menghancurkan Masjid Raya Indonesia di kawasan Ma’an, Khan Younis bagian Timur,” cuit akun X PIC atau @PalinfoAr.

Dilansir dari laman detikHikmah melalui akun tersebut, Kamis (14/12/2023), bangunan berwarna krem muda tersebut kini hanya tersisa rangka bangunan. Kubah masjid sudah terlihat ambruk di antara reruntuhan lainnya sementara menaranya masih berdiri tegak meski terlihat kerusakan di sejumlah sisinya.

Belum dapat dipastikan mengenai kabar terkini masjid tersebut. Selaku salah satu penghimpun donasi, Yayasan Kasih Palestina mengatakan pihaknya masih terus berusaha untuk menjalin komunikasi dengan tim di Gaza karena terkendala jaringan.

“Insyaallah kami akan terus menginformasikan kondisi masjid yang dibangun atas kebaikan masyarakat Indonesia ini,” demikian keterangannya.

Sebelumnya, masjid sumbangan dari Indonesia tersebut sempat mengalami kerusakan kecil akibat serangan Israel pada 19 November 2023 lalu. Kerusakan yang dialami masih berupa kerusakan kecil pada bagian jendela masjid.

“Situasinya sangat sulit. Pengeboman tidak berhenti dan pesawat terbang sepanjang waktu di atas kepala kita. Kami hanya bisa tabah dan tabah”, kata pengurus Masjid Istiqlal Indonesia-Gaza,” dikutip laman Yayasan Kasih Palestina.

Di samping itu, pasokan air di Masjid Istiqlal Indonesia turut terkena imbasnya akibat pemadaman aliran listrik yang dilakukan oleh Israel. Pengurus masjid pun disebut menghemat penggunaan cadangan listrik dari panel surya untuk menjaga pasokan listrik dan air di masjid.

Masjid Raya Indonesia ini merupakan sumbangan dari warga Indonesia yang dihimpun oleh organisasi kemanusiaan Indonesia, Yayasan Kasih Palestina bersama platform galang donasi Sharing Happiness. Bangunan ini baru diresmikan pada 22 Februari 2022 di atas lahan seluas 1751 m2.

Dengan luas bangunan 940 m2, Masjid Istiqlal Indonesia bisa menampung 5 ribu jemaah setiap harinya. Masjid tersebut juga membina ribuan penghafal Al-Qur’an di Gaza. Bahkan sebelum hancur, Masjid Istiqlal Indonesia digunakan setiap hari untuk melangsungkan salat jenazah.

Tidak hanya Masjid Istiqlal Indonesia yang menjadi sasaran, belum lama ini, salah satu masjid di Khan Younis juga menjadi sasaran bom Israel yakni, Masjid Abdul Karim al Shaer. Serangan dikabarkan terjadi pada Jumat, 8 Desember 2023 lalu.

Dilansir Associated Press, Kamis (14/12/2023), setidaknya ada 3 orang yang terbunuh dan 15 orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan di masjid tersebut. Warga setempat mengatakan, masjid itu biasa digunakan oleh warga untuk mengisi baterai alat-alat elektronik mereka.

Selain itu, Israel juga dilaporkan menyerang beberapa wilayah di Khan Younis kemarin, termasuk serangan rumah warga di kamp pengungsi Khan Younis, Al Najjar. Setidaknya ada 20 warga sipil yang menjadi korban serangan udara Israel tersebut.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *