Isi Kepala Gus Dur Dengan Dark Jokes-nya: Dari Bra Yahudi Hingga Nyi Roro Kidul Yang Berhijab

Isi Kepala Gus Dur Dengan Dark Jokes
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Hari ini, Sabtu 16 Desember 2023, keluarga Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merayakan haul ke-14 tokoh tersebut dengan julukan “Bapak Pluralisme”. Karakternya dikenal dengan humornya yang tergolong dark jokes atau pinggir jurang.

Rupanya, Aulia Rakhman tak pernah menyangka kalau guyonannya akan berakhir di penjara. Komik asal Lampung ini mendadak viral dengan lawakan dark jokes-nya dan humor hitam yang dianggap menghina agama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tampil di acara Desak Anies pekan lalu, ia bercanda dengan menyebut nama Nabi Muhammad SAW. Niatnya untuk tertawa, bukan malah sebaliknya. Penonton tak bisa berkata-kata, video penampilannya menjadi viral dan akhirnya berujung pada laporan.

Akibat dark jokes-nya itu juga, Aulia Rakhman terjerat Pasal 156 huruf a KUHP tentang penodaan agama subsider Pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian terhadap suatu golongan. Ia pun terancam kurungan 5 tahun penjara. Apes sekali, memang.

Gus Dur, pawangnya dark jokes

Berbicara soal dark jokes sendiri, ia merupakan guyonan yang berada di tepi jurang. Pilihannya cuma ada dua, suara tawa audiens bakal menggema keras, atau malah sebaliknya: jatuh ke ujung jurang laiknya Aulia Rakhman.

Tidak sembarang orang memang yang bisa menjadi pawang dari dark jokes. Sejarah mencatat, tokoh ulama besar sekaligus Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah pawang dari guyon gelap tadi.

Sepanjang hidupnya, ada puluhan humor gelap yang pernah Gus Dur ungkapkan. Baik itu kepada para pejabat, petinggi negara-negara di dunia, masyarakat umum ataupun wartawan.

Lantas, apa saja dark jokes Gus Dur yang paling terkenal dan benarkah bahwa humor-humor gelap itu sesungguhnya penuh nilai? Alih-alih mengolok-olok, ada “pesan” yang ingin ia sampaikan.

BH Yahudi, dark jokes legendaris Gus Dur tentang Israel dan Yahudi

Salah satu dark jokes paling legendaris dari Gus Dur adalah saat ia bertemu Presiden Israel Shimon Peres (2007-2014). Mengutip Hamzah Sahal dalam bukunya Ulama Bercanda, Santri Tertawa (2019), kala itu Gus Dur mengatakan bahwa negara Israel bakal untung besar hanya dengan mengimpor BH.

“Pak Peres, negeri Anda akan kaya raya jika mau mengimpor kutang dari Prancis,” kata Gus Dur kepada Shimon Peres seperti ditulis Hamzah Sahal.

“Mengapa, Pak Gus?” tanya Peres penasaran. “Imporlah kutang dari Prancis. Sesampai di Israel, kutang itu potong jadi dua,” kata Gus Dur menjelaskan, yang bikin orang nomor satu di Israel itu makin kebingungan.

Gus Dur menyambung, “Nah, setelah dipotong jadi dua, baru dijual. Kutang yang aslinya hanya bisa dipakai satu orang, di Israel bisa untuk dua orang, asal dipotong dulu. Dan itu artinya bisa mendatangkan untung lipat dua. Jangan lupa, tali-tali pengikatnya dibuang dulu,” jelas Gus Dur.

“Mana bisa kutang dipotong jadi dua dan mendatangkan untung berlipat?” Peres semakin penasaran, bagaimana mungkin BH yang sudah dibelah masih bisa dipakai.

“Bisa. Kalau sudah jadi dua, namanya bukan kutang lagi. Kalian bisa memakai kutang sebagai topi untuk pergi ke Tembok Ratapan,” tutur Gus Dur dengan sangat enteng.

Kedua kepala negara ini tertawa terbahak-bahak. Topi dari kutang yang Gus Dur maksud adalah “Kipah”. Yakni topi orang Yahudi berbentuk bulat yang biasanya sering buat berkunjung ke Tembok Ratapan.

Jika dark jokes ini tersampaikan saat ini, bisa jadi ini bakal jadi masalah besar. Di pinggir jurang banget, karena menganalogikan busana keagamaan dengan pakaian dalam perempuan.

“Daging” paling enak sedunia

Dark jokes lain dari Gus Dur adalah soal “daging” paling enak sedunia. Lelucon gelap ini ia sampaikan kepada tokoh Katolik yang kondang sekaligus sahabatnya, YB Mangunwijaya alias Romo Mangun.

Seperti Guntur Wiguna tulis dalam bukunya Koleksi Humor Gus Dur (2010), suatu waktu Gus Dur bertemu dengan Romo Mangun di sebuah pesawat. Konon, kedua tokoh sama-sama pulang ke Jakarta dari Singapura.

Di dalam pesawat, Romo Mangun memesan daging babi yang jadi makanan kesukaannya.

“Mari, Gus. Daging babinya enak lho,” katanya menawari Gus Dur dengan nada bercanda.

Dengan santun, Gus Dur pun menolak tawaran Romo Mangun. “Maaf Romo. Saya tidak boleh makan daging babi.”

“Waduh, sayang sekali. Padahal daging babi adalah daging yang paling enak di dunia,” saut Romo seraya menggoda Gus Dur.

Sepanjang perjalanan, Gus Dur hanya diam. Sementara Romo Mangun tertawa kecil seolah bilang “1-0”, merasa menang karena sudah berlaku jail pada Gus Dur.

Namun, selepas pesawat mendarat, terlihat Gus Dur dijemput oleh istrinya. Dengan senyum usil, serangan balik pun siap Gus Dur lancarkan.

“Romo, saya sudah dijemput istri saya, lho. Lha mana istrinya Romo?,” tanya Gus Dur setengah mengejek.

“Maaf, Gus, saya tidak beristri,” jawab Romo Mangun.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *