Prof Andi Pangerang dan 80 Profesor se-Indonesia Gelar Aksi Seruan Persatuan di Pemilu 2024

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Menyikapi perkembangan politik berbangsa dan bernegara menjelang Pemilu 2024, Pimpinan Majlis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MDGB PTNBH) yang dipimpin oleh Ketua MDGB PTNBH Prof Andi Pangerang Moenta, bersama Sekretaris Prof M Baiquni, dan perwakilan 80 guru besar dari 16 perguruan tinggi, mengemukakan seruan bersama atas pelaksanaan pesta demokrasi di tanah air ini.

Berikut poin-poin seruan tersebut:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Merawat Demokrasi dan Konstitusi: MDGB PTNBH menekankan pentingnya merawat demokrasi dan menegakkan konstitusi untuk meneguhkan kedaulatan di tangan rakyat.

Peran Sivitas Akademik dalam Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa: Guru besar menganjurkan seluruh sivitas akademik untuk aktif mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan dasar nilai-nilai ilmu pengetahuan dan kearifan.

Partisipasi Aktif Rakyat dalam Pemilu 2024: Seluruh rakyat Indonesia dihimbau untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024 sebagai bentuk perwujudan kedaulatan rakyat, dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keadilan, keteladanan, dan etika.

Pelaksanaan Pemilu yang Demokratis: Seruan agar Pemilu 2024 berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, tertib, aman, dan damai serta menjamin partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Pertahankan Persatuan dan Kesatuan: Seluruh calon presiden, calon wakil presiden, calon wakil rakyat, dan tim sukses diminta untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan mengedepankan asas saling menghormati, sportif dalam kompetisi, serta menjaga nilai-nilai luhur bangsa.

Tugas Lembaga-Lembaga: Seruan kepada lembaga yudikatif, legislatif, dan eksekutif dari tingkatan pusat hingga daerah untuk melaksanakan proses Pemilu 2024 dengan benar dan sebaik-baiknya demi kepentingan rakyat.

Integritas dan Kepatuhan: MDGB PTNBH menyerukan kepada pemerintah dan penyelenggara Pemilu agar mentaati konstitusi dan aturan yang berlaku dengan berintegritas tinggi, adil, dan cermat dalam melaksanakan seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024.

Kepemimpinan yang Amanah, Cerdas, dan Terpercaya: Dengan demikian, diharapkan dapat dihasilkan kepemimpinan yang amanah, cerdas, terpercaya, dan bertanggung jawab, membawa bangsa dan negara menuju kemajuan dan kemuliaan.

Seruan ini disampaikan sebagai bentuk komitmen MDGB PTNBH dalam mendukung proses demokrasi yang sehat dan menjaga stabilitas bangsa.

Perwakilan 80 guru besar dari 16 perguruan tinggi yang hadir:

2. Institut Teknologi Bandung

3. Institut Pertanian Bogor

4. Universitas Gadjah Mada

5. Uniiversitas Pendidikan Indonesia

6. Universitas Sumatera Utara

7. Universitas Airlangga

8. Universitas Padjajaran

9. Universitas Diponegoro

10. Institut Teknologi Sepuluh November

11. Universitas Sebelas Maret

12. Universitas Andalas

13. Universitas Brawijaya

14. Universitas Negeri Malang

15. Universitas Syiah Kuala

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *