3 Keutamaan Dzikir Setelah Salat Subuh, Sayang Sekali Jika Terlewat

Keutamaan Dzikir Setelah Salat Subuh
Keutamaan Dzikir Setelah Salat Subuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id Dzikir setelah salat subuh merupakan amalan yang tidak boleh dilewatkan. Karena setelah subuh merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Oleh karena itu, kami tidak menganjurkan untuk tidur lagi setelah salat Subuh. Dengan demikian, waktu berharga ini bisa kita manfaatkan untuk beribadah, termasuk berdzikir dan berdoa kepada Allah Ta’ala.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dzikir juga merupakan amalan yang disukai Allah dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ada banyak perintah dalam Al-Qur’an dan hadis yang patut diingat.

Allah SWT berfirman:

قَالَ رَبِّ ٱجْعَل لِّىٓ ءَايَةً ۖ قَالَ ءَايَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ ٱلنَّاسَ ثَلَٰثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا رَمْزًا ۗ وَٱذْكُر رَّبَّكَ كَثِيرًا وَسَبِّحْ بِٱلْعَشِىِّ وَٱلْإِبْكَٰرِ

“Berkata Zakariya: “Berilah aku suatu tanda (bahwa istri telah mengandung)”. Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari”. (QS. Ali Imran 41)

Kesaksian Sahabat Anas RA

Mengutip dari laman dream.co.id, Rasulullah sebagai sosok teladan bagi umat Islam juga memiliki kebiasaan berdzikir setiap usai salat subuh. Beliau SAW berdzikir hingga matahari terbit.

“Dari Jabir bin Samrah berkata, adapun Nabi jika telah selesai salat subuh, beliau duduk di tempatnya hingga terbit matahari.” (HR. Muslim)

Menurut Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, dijelaskan bahwa hadis di atas menunjukkan keutamaan memperbanyak dzikir setelah salat subuh.

Bahwa Rasulullah SAW pernah mengatakan, “Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian salat dua rakaat (sholat dhuha) maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna.”

Rasulullah SAW tidak menjelaskan spesifikasi bentuk dzikir dalam hadis tersebut. Sementara dalam beberapa riwayat, Nabi SAW menyebutkan setidaknya terdapat tiga keutamaan bagi seseorang yang memperbanyak dzikir setelah salat subuh, yaitu sebagai berikut.

Keutamaan Dzikir Setelah Subuh

  1. Pahala Seperti Haji dan Umrah

“Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian salat dua rakaat maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

  1. Diampuni Dosa-dosanya

“Barang siapa yang tetap duduk setelah salat subuh hingga salat dua rakaat dhuha tidak berkata kecuali hal baik maka akan diampuni dosa-dosanya sekalipun lebih banyak dari buih lautan.” (HR. Ahmad & Abu Dawud)

  1. Tubuh Tidak Tersentuh Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang salat fajar kemudian berdzikir hingga terbit matahari maka api neraka tidak akan menyentuh kulit orang tersebut selamanya.” (HR. Baihaqi)

Begitu banyak dzikir yang dilakukan setelah salat subuh selain dari penjelasan di atas.

Salat subuh memang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Karena waktu subuh adalah waktu yang sulit bagi kebanyakan orang untuk bangun dari tidurnya.

Inilah mengapa Allah memberikan pahala yang luar biasa bagi orang-orang yang salat subuh dan berdzikir setelahnya. Bahkan dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni oleh Allah SWT.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *