Minta Jepang Terlibat di IKN, Jokowi Bakal Bahas saat Bertemu PM

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Presiden Joko Widodo atau Jokowi berangkat ke Tokyo, Jepang pada Jumat, 16 Desember 2023. Jokowi akan menemui Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dalam kunjungan kerja kali ini.

Dalam lawatan ke Negeri Sakura itu, Jokowi bakal membahas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Iya, selalu kalau pertemuan bilateral dengan negara lain IKN pasti akan dibicarakan,” kata Jokowi sebelum bertolak ke Jepang dari Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Indonesia, ujar Jokowi, berharap pemerintah Jepang beserta para investor dari negeri itu bisa turut serta menanamkan modal di IKN.

“Saya akan mendorong agar ada salah satu atau salah dua proyek untuk investor maupun pemerintah Jepang bisa bekerja sama,” ucap Jokowi.

Dalam lawatannya kali ini, Jokowi juga akan menghadiri dua agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Dia menyatakan ada tiga agenda utama saat berada di Jepang nanti, yaitu pertemuan dengan PM Jepang, memimpin KTT ASEAN-Jepang ke-27, dan menghadiri KTT Asia Zero Emisson Community (AZEC) edisi perdana.

Jokowi menyatakan ada beberapa agenda yang akan dibahas dengan PM Jepang. Selain IKN, dia juga akan mendiskusikan kerja sama di bidang infrastruktur transisi energi dan mineral. Selain itu, Presiden Jokowi dan PM Kishida akan mendiskusikan kerja sama Indonesia-Jepang di sektor maritim.

Kedua Kepala Negara akan memimpin KTT ASEAN-Jepang. Agenda tersebut juga merupakan bagian dari peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang.

“KTT ini akan membahas kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan. Antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan implementasi ASEAN outlook on the indo-pacific,” kata Jokowi.

Jokowi akan mengikuti KTT AZEC edisi pertama di Jepang. Agenda tersebut merupakan KTT AZEC pertama setelah diluncurkan dalam KTT G20 Bali pada 2022 lalu. Kegiatan untuk mewujudkan kawasan bebas emisi tersebut, kata Jokowi, akan dihadiri oleh Jepang sebagai co-initiator, Australia, serta negara-negara anggota ASEAN.

Saat akan berangkat, Jokowi diantar oleh beberapa pejabat dalam pemerintahannya. Di antaranya Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Kunjungan Jokowi ke Jepang akan dilaksanakan selama empat hari.

“Pada 19 Desember 2023 insyaallah saya dan rombongan terbatas sudah tiba di Tanah Air,” ucap dia.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *