Hikmah Siang: Kroscek Sebelum Sebarkan!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ketika mendapat sebuah kabar atau berita hendaknya kita cek terlebih dahulu kebenaran isi dari berita tersebut, karena dikhawatirkan menyebarkan berita dusta jika tidak di cek terlebih dahulu kebenarannya. Islam sudah mengatur hal ini sebagaimana dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,

كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Cukuplah seseorang itu sebagai pendusta (pembohong), ketika dia menceritakan semua (berita) yang dia dengar.” (HR. Muslim dalam Muqaddimah Shahih Muslim no. 5, Abu Dawud no. 4992 dan An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubra no. 11845)

‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata,

بِحَسْبِ الْمَرْءِ مِنَ الْكَذِبِ أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

“Cukuplah seseorang itu termasuk dalam pendusta, ketika dia menceritakan semua (berita) yang dia dengar.” (HR. Muslim dalam Muqaddimah Shahih Muslim 1: 8)

Hadits Rasulullah ﷺ dan juga atsar sahabat ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu di atas menunjukkan bahwa jika orang yang membuat berita dusta disebut sebagai pendusta maka orang yang sekedar menyebar berita dusta tersebut disebut sama yaitu sama-sama sebagai pendusta. Hal ini menunjukkan juga kepada kita bahwa jangan menganggap remeh masalah ini.

Allahu Ta’ala a’lam bishawab
———————————————
Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]

♻️ Silahkan disebarluaskan

🚫 Dilarang menambah dan mengurangi isi poster/video ini tanpa izin

Oleh: Ustadz Khalid Basalamah

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *