Untung dan Rugi Jika IKN Dilanjutkan Atau Dibatalkan

Untung dan Rugi IKN
IKN
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai perkembangan ibu kota Nusantara (IKN). Menurut calon presiden pertama, Anies Baswedan, pembangunan IKN hanya akan menimbulkan kesenjangan baru antar daerah di sekitar Kaltim.

Pernyataan itu disampaikannya saat mengikuti acara “Dialog Terbuka Muhammadiyah” di Solo pada Rabu, 22 November 2023. Menurut Anies, alih-alih fokus pada IKN, pemerintah bisa menyeimbangkan pembangunan di berbagai wilayah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang baru. Jadi antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu tidak nyambung. Kami melihat di sini problem,” ucap Anies.

Anies kembali mengkritik IKN saat menghadiri acara yang digelar di Bandung, Kamis, 29 November 2023. Ia menyoroti bahwa anggaran yang digunakan untuk IKN bisa untuk menambal masalah kesejahteraan di sektor lain.

“Kalau [dana untuk membangun IKN] itu dipakai untuk membangun puskesmas, maka kelurahan-kelurahan se-Indonesia [yang] belum ada [puskesmas], bisa dibangun,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Kalau dipakai untuk memperbaiki kesejahteraan polisi, tentara, para serdadu yang kurang, mereka akan mendapat manfaat jauh lebih besar,” kata mantan Menteri Pendidikan itu.

Anies menilai pembenahan masalah di Jakarta tidak boleh ditinggalkan. Baginya, memindahkan ibu kota sejatinya tidak menyelesaikan permasalahan lama.

Dua Sisi Memiliki Konsekuensi

Menurut Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal, jika proyek IKN sampai dibatalkan, maka investasi yang telah digelontorkan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan sia-sia.

Dampak tak langsungnya, menurut Faisal, adalah opportunity cost yang dicita-citakan untuk mengurangi beban DKI Jakarta dari dampak lingkungan, polusi, banjir, kemacetan, dan sebagainya akan lenyap begitu saja.

“Yang jelas kalau dibatalkan berarti harapan untuk mengurangi beban Jakarta juga kan tidak jadi. Nah itu justru potensi kerugiannya,” ujarnya.

Di sisi lain, jika proyek IKN diteruskan, maka terdapat konsekuensi biaya jangka panjang di luar beban Rp400 triliun dari APBN.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *