Untung dan Rugi Jika IKN Dilanjutkan Atau Dibatalkan

Untung dan Rugi IKN
IKN
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Walaupun ke depan mengharapkan investasi dari sektor swasta, termasuk mungkin dari luar negeri, tetap ada pembiayaan APBN yang terus menyertai investasi,” kata Faisal.

“Jadi kekurangan dan kelebihan tetap ada jika dibatalkan dan diteruskan,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jokowi: Investasi Sudah Rp45 Triliun

Deputi Pendanaan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono menuturkan, meski capres Anies Baswedan menarasikan kontra pembangunan IKN, namun dari segi minat investasi pembangunan ibu kota baru itu tidak surut.

“Kalau saya melihatnya sejauh ini minat [investor] tinggi-tinggi terus kok. Calon presiden menyebut begitu yang silakan. Namanya sedang pesta demokrasi, silakan saja,” ucap Agung di Jakarta akhir pekan lalu.

Secara terpisah, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa nilai investasi IKN hingga Desember 2023 mencapai Rp45 triliun. Dia memastikan angka investasi itu sudah masuk ke mega proyek tersebut.

“[Investasi] Rp45 triliun, sampai Desember. Yang real ya,” kata Jokowi usai meninjau kegiatan di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Hingga saat ini, kata Jokowi, sejumlah fasilitas sudah dibangun, mulai dari tiga rumah sakit, empat unit hotel, dan dua mal.

“Artinya ini bergulirnya sangat cepat dan saya harapkan Pak Ketua Otorita IKN bisa melayaninya dengan cepat, karena swasta juga mintanya dengan cepat, cepat, cepat,” ujarnya.

Jokowi mengaku angka investasi yang masuk belum melibatkan luar negeri. Ia ingin investasi dari pihak asing akan masuk di zona besar seperti pusat keuangan, zona kesehatan, maupun sektor pendidikan.

Sumber: tirto

banner 800x800