MasyaAllah Luar Biasa Besar, Inilah Imbalan Pahala Orang Sabar

Imbalan Pahala Orang Sabar
ilustrasi: berdoa agar bersabar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Pahala bagi orang sabar sangatlah besar. Kesabaran adalah amalan yang mulia dalam menghadapi cobaan yang akan datang.

Sebagai makhluk hidup, tentu saja terdapat berbagai cobaan. Hendaknya ia selalu bersabar menghadapi ujian yang Allah Subhanahu wa Taala berikan kepadanya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka yang bersabar akan mendapat pahala di kemudian hari. Allah SWT telah menjanjikan pahala yang luar biasa bagi orang-orang yang sabar melewati cobaan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az-Zumar: 10)

Dilansir buku “Mereka yang Merugi: Tadabbur Tiga Ayat Surah Al-Ashr” karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc, Al Auza’i rahimahullah mengatakan:

“Pahala bagi orang yang bersabar tidak bisa ditakar dan ditimbang. Mereka benar-benar akan mendapatkan ketinggian derajat.” As-Sudi mengatakan, “Balasan orang yang bersabar adalah surga.” (Tafsir Alquran Al ‘Azhim, 6: 443)

Ada sebuah kisah nyata pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang menerangkan tentang kesabaran. Dalam sebuah hadits disebutkan:

Dari Atha bin Rabaah, dia berkata bahwa Ibnu ‘Abbas berkata kepadanya, “Maukah surga?” Atha menjawab, “Iya mau.” Ibnu ‘Abbas berkata, “Wanita yang berkulit hitam ini, dia pernah mendatangi Nabi Shalallahu alaihi wa sallam, lantas dia pun berkata: Aku menderita penyakit ayan dan auratku sering terbuka karenanya. Berdoalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untukku’.”

Nabi pun bersabda, “Jika mau bersabar, bagimu surga. Jika engkau mau, aku akan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala supaya menyembuhkanmu.” Wanita itu pun berkata, “Aku memilih bersabar.” Lalu dia berkata pula, “Auratku biasa tersingkap (kala aku terkena ayan). Berdoalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala supaya auratku tidak terbuka.” Nabi pun berdoa kepada Allah untuk wanita tersebut. (HR Bukhari nomor 5652 dan Muslim: 2576)

Dari kisah tersebut bisa diambil hikmah bahwa hasil dari kesabaran sangat bermanfaat bagi umat manusia. Apabila tidak bersabar, maka sungguh termasuk orang-orang merugi.

Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *