Tim Prabowo-Gibran Menolak Hak Siar Debat Capres oleh MNC Group Dinilai Rasional, Pakar: Karena Terafiliasi Ganjar-Mahfud

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Pakar politik dari Citra Institute, Efriza, ikut menanggapi kabar yang beredar soal adanya dugaan penolakan dari tim paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, terhadap stasiun TV MNC Group sebagai pihak yang menyiarkan debat capres sesi ketiga.

Terkait hal tersebut, Efriza menilai sebagai hal yang wajar karena MNC Group sangat kentara terafiliasi dengan salah satu kontestan di Pilpres 2024, yakni paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sangat rasional penolakan terhadap pelaksanaan debat capres sesi ketiga karena alasannya dari korporasi media TV nasional terkait MNC Group ini, memang terbukti terafiliasi dengan pasangan capres-cawapres dari Ganjar-Mahfud,” kata Efriza kepada wartawan, Sabtu (30/12/2023).

Efriza mengatakan, KPU juga tidak boleh menutup mata soal adanya dugaan pengajuan lokasi debat di Royal Glasshouse, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebab, lokasi itu dikabarkan milik dari Hary Tanoesoedibjo yang merupakan bos besar MNC Group sekaligus Ketua Umum Perindo.

Sehingga, sangat besar potensinya akan menguntungkan salah satu paslon jika pengajuan lokasi itu benar dikabulkan.

“Padahal jelas sekali Hary juga Ketua Umum Perindo yang memilih mengusung Ganjar-Mahfud,” ujarnya.

Efriza pun meminta KPU untuk mengambil keputusan dengan bijak, terutama terkait dengan penyiaran dan pemilihan lokasi penyelenggaraan debat. Menurutnya, hal ini demi menjaga netralitas KPU di mata masyarakat.

Berkaca dari penyelenggaraan debat pertama dan kedua, KPU selalu dianggap tidak netral oleh sejumlah pihak walaupun sudah menyelenggarakan dengan baik.

“Penolakan ini patut dipertimbangkan karena mengenai netralitas KPU. Sebab, tempat yang netral saja di debat pertama dan kedua, dalam dua kali debat, KPU dianggap menguntungkan salah satu pasangan calon,” pungkasnya.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *