Kritikan Tajam Terakhir Rizal Ramli untuk Presiden: ‘Makzulkan Jokowi’

Rizal Ramli (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dikenal sebagai sosok yang vokal mengkritisi pemerintahan Presiden Joko Widodo semasa hidup. Kritikan-kritikannya biasa dilontarkan melalui akun X atau Twitter resminya, @RamliRizal.

Berdasarkan penelusuran Suara.com, Rizal Ramli terpantau memberikan kritikan terakhir kepada Presiden Jokowi pada 12 November 2023. Kala itu, menteri era Gus Dur ini membagikan sebuah lukisan karikatur karya Yayak Leak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lukisan karikatur ini mengkritisi pemerintahan Jokowi dengan tajam. Terbukti ada gambar tumpukan uang yang dikuasai tikus hingga monster, seolah menggambarkan situasi korupsi hingga oligarki di Tanah Air.

Dalam cuitannya, Rizal Ramli menuliskan ajakan tentang pemakzulan Presiden Jokowi. Menurutnya, konsep kepemimpinan orang Jawa biasanya dikenal bagus dan bijak.

Namun hal itu, kata Rizal Ramli, tidak terjadi dalam pemerintahan Presiden Jokowi. Ia menilai bahwa kepemimpinan Jokowi penuh dengan topeng dan kepalsuan.

“Yayak, ‘Makzulkan Jokowi, Machiavelli Jawa!’, 2023! Etika dan konsep kepemimpinan Jawa sangat bagus dan bijak. Jokowi bukan model kepemimpinan Jawa, penuh topeng dan kepalsuan, Machiavelli Jawa,” kritik Rizal Ramli seperti dikutip Suara.com, Rabu (3/1/2024).

Sementara itu, kata ‘makzulkan’ juga muncul dalam lukisan dengan warna latar merah muda itu. Seperti ‘Makzulkan rezim KKN’. Kemudian ada juga kritikan dengan tulisan ‘Rezim Tidak Pancasilaistis! 30% Rakyat Miskin’ hingga ‘Hutang Luar Negeri 13.500 Triliun’.

Kritikan terakhir Rizal Ramli kepada Jokowi itu menuai atensi luas warganet. Terbukti cuitannya itu telah dibaca 48 ribu kali dan mendapatkan seribu tanda suka. Warganet juga membanjiri kolom komentar dengan beragam pendapat.

Sayang sekali selalu gak mempan. Ormas, buruh, BEM belum berhasil merontokkan Jokowi. Semoga kali ini atas izin Allah ta’ala ada yang berhasil sebelum Pilpres!” komentar warganet.

“Jokowi memakai topeng kesederhanaan untuk menghipnotis rakyat, tapi di balik topeng itu tersimpan ambisi kekuasaan yang rakus,” sindir warganet.

“Suka atau tak suka, kartun itu sepertinya menjelaskan semua,” tambah yang lain.

“Jokowi jauh dari perkiraan semula. Saya pendukung Pemilu 2014 dan 2019. Dan menyesal berat,” aku warganet.

Sebagai informasi, Rizal Ramli meninggal dunia pada usia yang ke-69 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Selasa (2/1/2024). Rizal Ramli sebelumnya telah dirawat di RSCM selama satu bulan karena penyakit kanker pankreas stadium 4.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *