Uang Pensiunan PNS Naik 12% Belum Cair Penuh, MenPAN-RB: Gaji Kan Sambil Jalan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengakui uang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) per 1 Januari belum menggunakan besaran baru.

Besaran gaji pensiunan dan ASN aktif (PNS maupun PPPK), seharusnya mengalami penyesuaian mulai 2024 ini. Untuk gaji ASN naik 8%, sementara untuk pensiunan naik 12%.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Gaji kan sambil jalan, ini jadi save-lah, biar nggak habis di tanggal 1 (Januari),” kata Anas, ditemui di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (3/1/2024).

Saat ditanya apakah sisa gaji yang belum cair sepenuhnya itu akan diberikan rapel dengan gaji di Februari, dia menepis. Anas memastikan sisa yang belum dibayarkan akan tetap dibayarkan pada Januari ini.

“Ini soal waktu saya kira, kan yang penting Januari (kenaikan gaji) nanti cair,” ujar Anas.

“Iya, kita tunggu lah. Yang penting kalau saya positifnya, kalau diawal langsung habis tuh,” sambungnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya PT TASPEN (Persero) mengumumkan bahwa tidak ada perubahan gaji peserta pensiunan ASN untuk bulan Januari 2024 ini lantaran belum terbitnya aturan terkait. Hal ini disampaikannya lewat unggahan Instagram resminya, @taspen.

“Informasi bagi para pensiun. #SobatTaspen perlu berhati-hati terhadap informasi terkait perubahan atau penundaan gaji pensiun. Sampai dengan 31/12/2023 belum terbit peraturan pemerintah mengenai kenaikan gaji pensiun. Besaran gaji masih mengacu pada PP Nomor 18 Tahun 2019,” tulis Taspen, dikutip Rabu (3/1/2024).

Dalam kesempatan terpisah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, gaji pensiunan ASN dan ASN aktif akan naik bulan Januari 2024 ini. Meski, aturan dalam bentuk peraturan pemerintah (PP) belum rampung.

“ASN, TNI, Polri dan pensiunan disampaikan Bapak Presiden, nanti kita sampaikan begitu RPP sudah selesai, artinya tidak dikurangi, mulainya 1 Januari,” katanya di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Sri Mulyani mengatakan, PP tersebut akan terbit secepatnya. Dia mengatakan, kalaupun PP terbit lebih dari tanggal 1 Januari, hak ASN tetap dibayarkan.

“Kalau lewat dari 1 Januari haknya tetap dibayarkan untuk 1 Januari, kan 12 bulan gitu ya,” katanya.

Kenaikan gaji ASN ini juga dipastikan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo.

“Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi sebelumnya, kenaikan gaji di tahun 2024 untuk PNS/anggota TNI/anggota Polri/Pensiunan dan tunjangan Veteran/PPPK berlaku sejak 1 Januari 2024,” kata Prastowo dalam akun X pribadinya, dikutip Selasa (2/1/2024).

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *