Bahaya! Penderita Batu Ginjal Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Buah Ini

buah-buahan tidak dimakan oleh penderita batu ginjal
strawberry
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBuah dianggap sebagai makanan yang sehat dan enak. Namun, sebenarnya ada beberapa buah-buahan yang sebaiknya tidak dimakan oleh penderita batu ginjal.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat memperburuk batu ginjal. Batu ginjal ini sering menyerang saluran kemih, ureter, dan ginjal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Penyakit ini disebabkan oleh kristalisasi mineral atau garam dalam urin. Jika terjadi lagi, akan sangat nyeri saat buang air kecil.

Mengapa ada buah-buahan yang dilarang untuk dimakan? Pasalnya, beberapa buah-buahan mengandung oksalat, yaitu senyawa organik yang banyak ditemukan di sumber alami, termasuk buah-buahan. Asupan oksalat yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Penyebab penyakit ini bisa bermacam-macam. Misalnya saja berat badan yang tidak terkontrol, kebiasaan makan, konsumsi makanan tertentu.

Berikut buah-buahan yang berbahaya jika dikonsumsi penderita batu ginjal:

  1. Kurma

Kita tak asing dengan buah kurma. Biasanya jamak ditemukan saat bulan Ramadhan untuk berbuka puasa. Namun buah kurma nyatanya tak cocok bagi penderita batu ginjal.

Buah kurma dengan jenis apapun punya kandungan oksalat dengan jumlah yang tinggi. Sehingga ada baiknya jika penderita batu ginjang untuk menghindari makan kurma.

  1. Buah Beri

Buah ber punya kandungan oksalat yang tinggi dan cukup berisiko meningkatkan pembentukan batu ginjal. Sehingga para penderita batu ginjang disarankan untuk menghindari buah ini untuk konsumsi sehari-hari. Beberapa buah beri yang punya kandungan oksalat tinggi adalah stroberi, raspberry, dan blueberry.

  1. Buah Bit

Dikutip dari healthline, buah bit punya kandungan oksalat tinggi. Sehingga buah ini sangat berisiko saat dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

  1. Kiwi

Buah kiwi diketahui punya kandungan oksalat yang tinggi. Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit batu ginjal.

  1. Ubi Jalar

Ubi biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan diet. Ubi bisa jadi opsi untuk menggantikan makan berat, namun sayangnya sangat berisiko bagi penderita batu ginjal. Lagi-lagi kandungan oksalat dalam ubi jalar berpotensi meningkatkan risiko batu ginjal.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *