Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Bansos Terus Hanya Akan Melestarikan Kemiskinan

Bansos Terus Hanya Akan Melestarikan Kemiskinan
Wapres KH Ma'ruf Amin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idWakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai jumlah penerima bantuan sosial (Bansos) dan pemberian bansos kepada masyarakat miskin seharusnya dikurangi, bukan bertambah.

Menurut Ma’ruf Amin, pemberian bantuan sosial yang terus menerus akan melestarikan kemiskinan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kalau bansos terus kan namanya melestarikan kemiskinan. Jadi bagaimana supaya lama-lama bansos ini semakin sedikit, sedikit, sedikit,” kata Ma’ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Ke depan, Ma’ruf berharap, anggaran pemerintah pada 2024 tidak hanya difokuskan untuk bantuan sosial, melainkan untuk pemberdayaan masyarakat guna menghilangkan kemiskinan.

“Tambah lagi anggarannya. Sosial juga tidak hanya untuk anggaran bantuan sosial, tapi pemberdayaan untuk menghilangkan kemiskinan,” kata Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin menyinggung pentingnya meningkatkan pengusaha agar tidak hanya pada tingkat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Untuk itu, kata Ma’ruf Amin, pemerintah akan mendorong pemberdayaan UMKM agar menjadi pengusaha menengah dan besar.

“Pengusaha UMKM itu jangan stunting terus. Jadi kena stunting terus kan. Jadi itu supaya tidak kena stunting dinaikkan,” ujar Ma’ruf Amin.

Pemerintah masih menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat pada tahun ini. Bansos diberikan dalam bentuk uang maupun barang.

Salah satu bansos yang masih dibagi di tahun ini adalah bantuan pangan. Bantuan berupa beras diberikan kepada sekitar 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing menerima sebanyak 10 kilogram setiap bulan.

TPN Ingatkan Bansos Jangan Diklaim Milik Jokowi, Itu Uang Rakyat

Deputi Bidang Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menyebutkan bahwa bantuan sosial (bansos) tidak boleh diklaim milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengingatkan, bansos berasal dari uang rakyat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *