Kpopers Buat Nobar Debat Capres, Dukungan ke ‘Abah Online’ Anies Baswedan Bikin Gemes

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id β€” Kalangan Kpopers saat ini mencuri perhatian lantaran mulai ikut terlibat menyemarakan Pesta Demokrasi Pilpres 2024.

Para Kpopers kali ini juga menggelar nonton bareng (nobar) Debat Capres kedua, Ahad (7/1/2023) di sejumlah lokasi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satunya yang viral yakni agenda nobar debat capres Kpopers yang bakal mendukungan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Akun twitter @izuambis misalnya mengunggah foto persiapan lokasi nobar debat capres.

Terdapat 3 foto yang diunggah di akun twitternya memperlihatkan pernak-pernik khas Kpopers.

Menariknya lagi akun tersebut menunjukan jika nobar capres kali ini dikhususkan mendukung Anies Baswedan yang dijuluki Abah Online Indonesia.

“SNEAK PEAKK WOII LUCU BGTT ini yang ga ikutan apa ga kebelet beli tiket ots?? LANGSUNG DATENG AJAA ke meja regist, tiket ots nya 45k!! ( slot nobar habis ),” tulis @izuambis.

Kekuatan penggemar K-pop tidak bisa dianggap remeh. Bahkan mereka pernah membuat Gabriel Boric menang pemilihan presiden pada 2022 lalu.

Menjelang pemilihan umum dan tahun politik pada 2024 ini, banyak dari kalangan masyarakat yang mulai menyadari tentang pentingnya isu politik di Indonesia.

Khususnya terhadap para calon presiden beserta wakilnya.Penggemar K-pop Menangkan Presiden Chili 2022.

Kalau Sobat Medcom ingat pada 2022 lalu, seorang presiden asal Chili berhasil menang pemilu berkat para penggemar K-pop.

Meski pada putaran pertama ia telah dikalahkan, tetapi Gabriel Boric berhasil menang pada putara kedua.

Hal itu terjadi akibat banyaknya penggemar K-pop yang kecewa dengan sikap lawannya saat itu, sehingga dukungan kepadanya semakin bertambah.

“Ketika kita melihat kandidat yang sangat konservatif yang anti-aborsi dan anti-pernikahan sesama jenis ini memimpin, saya pikir semua orang ketakutan. Dan cara untuk mengatasi kenyataan menyedihkan ini adalah dengan membuat lelucon dan itulah yang mengambil alih media sosial,” ungkap Claudia Patino, mahasiswa pascasarjana hubungan internasional di Korea, dikutip dari The Korea Herald, Selasa, 2 Januari 2024.

“Dan perlahan sejak saat itu, orang-orang mulai berorganisasi dan saat itulah penggemar K-pop berdatangan,” lanjutnya.

 

Penggemar K-pop Ikut Kampanye PolitikΒ 

Secara organik, para penggemar K-pop mulai bergerak dan memberikan dukungannya untuk Gabriel Boric yang saat itu masih menjadi calon presiden Chili.

Salah satunya dengan adanya akun X, dulunya Twitter, @KpopersporBoric, yang dibentuk oleh penggemar K-pop untuk kampanye Gabriel Boric, baik secara digital maupun turun ke jalan secara langsung.

“Kami berkumpul dengan cara yang sangat organik dan spontan dan membentuk grup WhatsApp beranggotakan enam orang. Kami juga bertemu langsung dan mulai merencanakan seperti apa mobilisasi kami,” ungkap kelompok pemilik akun @KpopersporBoric.

Mereka mulai memanfaatkan keterampilan pembuatan konten digital mereka untuk membuat grafik dan postingan yang mudah dibagikan.

Tidak hanya itu, @KpopersporBoric juga membantu memghilangkan hashtag yang mempromosikan ujaran kebencian dan berita palsu dari pendukung kandidat lain.

Kampanye itu terus berjalan secara organik tanpa adanya campur tangan tim sukses dari Gabriel Boric.

Mereka secara sukarela ikut membantu kemenangan Gabriel Boric sebagai presiden Chili.Penggemar K-pop Dapat Respon Positif.

Respon yang diberikan Gabriel Boric terhadap kampanye bantuan dari para penggemar K-pop sangatlah positif.

Hal itu yang membuat mampu menarik pemilih muda melalui interaksi tulus dengan berbagai fandom.

Termasuk mereka yang menyukai K-pop, anime, dan penyanyi-penulis lagu Amerika Taylor Swift.

Respon yang diberikan Gabriel Boric terhadap kampanye bantuan dari para penggemar K-pop sangatlah positif.

Hal itu yang membuat mampu menarik pemilih muda melalui interaksi tulus dengan berbagai fandom.

Termasuk mereka yang menyukai K-pop, anime, dan penyanyi-penulis lagu Amerika Taylor Swift.

“Banyak orang yang memilih pada bulan Desember dan mereka menemukan bahwa mereka memiliki banyak kesamaan dengan dia,” tutur Amelia Castillo, profesor perguruan tinggi yang juga penggemar K-pop.Muncul Fenomena Anies Bubble Jelang Pemilu 2024.

Hal serupa pun terjadi kepada calon presiden Anies Baswedan yang seketika menjadi perbincangan warganet usai kemunculan Anies Bubble, @aniesbubble, di X.

Dalam keterangan akunnya, tertulis bahwa Anies Bubble merupakan akun penggemar yang digunakan untuk mengarsipkan segala hal yang berhubungan dengan Anies Baswedan.

Diketahui bahwa akun @aniesbubble telah memiliki sebanyak 91,4 ribu pengikut (data Senin, 2 Januari 2024).

“Hello! this is a new account for our capres Anies Baswedan. follow us and turn on our notifications!” tulis @aniesbubble, Sabtu, 30 Desember 2023.

Akun itu muncul tidak lama setelah Anies Baswedan melakukan siaran langsung di TikTok. Kemunculan akun @aniesbubble menjadi perbincangan warganet karena dibuat ala akun penggemar K-pop.

Contohnya, seperti perkataan yang diucapkan oleh Anies Baswedan kembali dituliskan di akun tersebut menggunakan hangul dalam bahasa Korea.

Tidak lupa juga dengan emoji burung hantu yang melekat pada Anies Baswedan, kini paslon nomor urut satu itu dipanggil dengan sebutan “owl ahjussi” dan “uri owl”.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *