Dzikir Bulan Rajab Dibaca 70 Kali Usai Salat Maghrib

Dzikir Bulan Rajab
Dzikir Bulan Rajab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBanyak amalan yang dianjurkan di awal bulan Rajab. Salah satunya membaca dzikir bulan Rajab sebanyak 70 kali setelah salat magrib.

Seperti diketahui, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Bulan Rajab, bersama dengan Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, merupakan salah satu dari empat bulan haram dan mulia yang telah Allah tetapkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengutip laman NU Online, ada sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan saat memasuki bulan Rajab, antara lain membaca doa menyambut bulan Rajab, puasa, salat sunnah, merayakan Isra Miraj, hingga membaca dzikir.

Mengutip buku Keagungan Rajab dan Sya’ban (2006) karya Abdul Manan bin Haji Muhammad Sobar, ada anjuran untuk membaca dzikir sebanyak 70 kali setelah salat maghrib. Berikut ini bacaannya:

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ

Allahummagfirlī watub ‘alayya innaka antat-tawwābur-raḥīm (innaka antat-tawwābul-gafur)

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan kasihanilah aku, serta terimalah tobatku. Sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih. Atau, sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun.”

Dalil Bacaan Dzikir 70 Kali di Bulan Rajab

Berdasarkan informasi dari laman Pusat Kajian Hadis Indonesia, sumber bacaan tersebut salah satunya adalah hadits riwayat Ibnu Majah sebagai berikut:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ إِنْ كُنَّا لَنَعُدُّ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةَ مَرَّةٍ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dari Ibnu Umar, ia berkata: sungguh Kami telah menghitung ucapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam satu majlis beliau sebanyak seratus kali, (Rabbigfirlī watub ‘alayya innaka antat-tawwābur-raḥīm).”

Doa tersebut memiliki arti: “Tuhanku, ampunilah aku dan berikanlah rahmat kepadaku (sayangilah aku) dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Pengasih.”

Sumber lainnya adalah hadits riwayat Bukhari dari Aisyah R.A., ia mengatakan:

صَلَّى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم الضُّحَى ثُمَّ قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، حَتَّى قَالَهَا مِئَةَ مَرَّةٍ

Artinya: “Rasulullah SAW melaksanakan sholat Dhuha, kemudian beliau mengucapkan: Allahummaghfirlī watub ‘alayya innaka antat-tawwābur-raḥīm (Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau maha penerima taubat dan Maha Pengampun), hingga 100 kali.

Lebih lanjut, berikut dalil yang menyebut angka 70, yakni hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari ini:

وقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ رضي الله عنه : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ( وَاللَّهِ إِنِّي لاَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً ) رواه البخاري

Artinya: “Dan Abu Hurairah R.A. berkata: “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda “Demi Allah, sesungguhnya aku meminta ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.”

Sebagai tambahan, berikut ini dzikir yang dapat diamalkan pada bulan Rajab, dikutip dari laman NU Online:

  • Tanggal 1-10 Rajab: Subhaanallâhil hayyil qayyûm (Sebanyak 100x, lebih banyak lebih baik)
  • Tanggal 11-20 Rajab: Subhânallâhil ahadish shamad (Sebanyak 100x, lebih banyak lebih baik)
  • Tanggal 21-30 Rajab: Subhânallâhir raûf (Sebanyak 100x, lebih banyak lebih baik)
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *