Apa Saja Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan di Bulan Rajab?

Larangan di Bulan Rajab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idUmat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh saat datangnya bulan Rajab. Namun tahukah bahwa ada larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan Rajab?

Bulan Rajab adalah bulan haram. Oleh karena itu, di bulan kemuliaan ini umat Islam dilarang melakukan hal-hal yang dapat merugikan nilai-nilai suci ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut beberapa larangan di bulan Rajab dan amalan utama yang harus diperbanyak, dilansir dari situs resmi Nahdlatul Ulama. Simak berikut ini!

Larangan Bulan Rajab

Bulan Rajab bisa disebut dengan bulan untuk mengontrol perilaku yang kebablasan. Seperti yang diketahui, bulan Rajab adalah bulan yang harus dimuliakan, sehingga umat muslim harus mengontrol tindakannya agar tidak melampaui batas sehingga cenderung berbuat dzalim.

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحِلُّوْا شَعَائِرَ اللهِ وَلَا الشَّهْرالْحَرَامَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar Allah , dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram …” (QS. Al Maidah: 2)

Dalam bulan Rajab, umat Islam dilarang berbuat dzalim kepada diri sendiri maupun orang lain. Allah juga melarang umatnya melakukan peperangan dan sejenisnya.

Sebaliknya, umat muslim diminta untuk menunjukkan ketundukan kepada Allah dan berbaik sangka dan bersikap baik kepada sesama tanpa melihat latar belakang manusia, sebagaimana firman Allah SWT:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang Musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.” (QS At-Taubah: 36)

Larangan tersebut tidak lain, karena semua nilai perbuatan yang dilakukan di bulan Rajab ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, termasuk perbuatan dzalim kepada diri sendiri. Hal itu sebutkan dalam kitab tafsir Imam Abu Muhammad Al-Husain bin Mas’ud al-Baghawi (wafat 516 H), yang memiliki gelar muhyis sunnah (penghidup sunnah), berikut:

العَمَلُ الصَّالِحُ أَعْظَمُ أَجْرًا فِي الْأَشْهُرِ الْحُرُمِ، وَالظُّلْمُ فِيْهِنَّ أَعْظَمُ مِنَ الظُّلْمِ فِيْمَا سِوَاهُنَّ

Artinya, “Amal saleh lebih agung (besar) pahalanya di dalam bulan-bulan haram (Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab). Sedangkan zalim pada bulan tersebut (juga) lebih besar dari zalim di dalam bulan-bulan selainnya.” (Imam al-Baghawi, Ma’alimut Tanzil fi Tafsiril Qur’an, [Beirut, Darul Ihya’ at-Turats, cetakan keempat: 1417 H/1997 M], juz IV, halaman 44).

Amalan-amalan yang Dianjurkan di Bulan Rajab

Berikut amalan yang dapat dilakukan untuk meraih keistimewaan bulan Rajab:

  1. Menghidupkan Malam Pertama Bulan Rajab

Salah satu amalan yang dapat dilakukan adalah berdoa di malam pertama bulan Rajab.

Dalam kitab Al-Umm, Imam Syafi’i menyatakan:

وَ بَلَغنَا اَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: اِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمسِ لَيَالٍ فِي لَيلَةِ الْجُمعَةِ، وَ لَيلَةِ الْاضْحَى، وَ لَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَلَيلةٍ مِن رَجَب، وَ لَيلَةٍ النِّصفَ مَِن شَعبَان

“Sesungguhnya doa diijabah pada lima malam: malam jum’at, malam iduladha, malam idulfitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam pertengahan bulan Sya’ban.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *