700 Ribu Penduduk Indonesia Menderita Penyakit Ginjal Kronik, Sebagian Besar Disebabkan Oleh Hal Ini

Penduduk Indonesia Menderita Penyakit Ginjal Kronik
Penyakit Ginjal Kronik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPenyakit ginjal kronik merupakan suatu kondisi dimana fungsi ginjal menurun secara bertahap selama bertahun-tahun. Dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH, dokter spesialis penyakit dalam penyakit ginjal dan hipertensi, mengatakan berdasarkan survei data kesehatan (Riskesdas) tahun 2018, ditemukan lebih dari 700.000 masyarakat Indonesia terkena penyakit ini.

Penyebab utama penyakit ginjal kronik adalah tekanan darah. Menurut dr. Pringgodigdo, banyak pasien yang menjalani hemodialisis atau cuci darah menderita kondisi ini, yang berujung pada penyakit ginjal kronik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain hipertensi, penyebab utama lainnya adalah diabetes.

“Nggak heran ya, data riskesdas juga terkait hipertensi di atas 34 sekian persen. Berarti kalau ada 30 orang 10 di antaranya kena hipertensi. Selain itu ada diabetes,” imbuhnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Dari 700 ribu warga Indonesia yang terkena penyakit ginjal kronis, dr Pringgodigdo menyebut paling banyak diidap oleh usia dewasa di atas 15 tahun. Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyepelekan penyakit ini dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Pasalnya, penyakit ginjal yang tak diobati dapat memicu penyakit gagal ginjal hingga penyakit kardiovaskular lainnya, seperti jantung.

“Untuk pencegahannya, karena tadi paling banyak hipertensi dan diabetes jadi kita lakukan gaya hidup untuk mencegah itu. Mencegah diabetes dan hipertensi, mulai dari diet seimbang, mencegah kelebihan berat badan, cukup garam tidak berlebihan, kemudian aktivitas fisik yang teratur,” lanjutnya lagi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *