Hikmah Malam: Sunnah Ketika Makan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Setan ingin makan dan minum bersama manusia, jika manusia tidak menyebut nama Allah sebelum makan. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَحْضُرُ أَحَدَكُمْ عِنْدَ كُلِّ شَيْءٍ مِنْ شَأْنِهِ حَتَّى يَحْضُرَهُ عِنْدَ طَعَامِهِ فَإِذَا سَقَطَتْ مِنْ أَحَدِكُمْ اللُّقْمَةُ فَلْيُمِطْ مَا كَانَ بِهَا مِنْ أَذًى ثُمَّ لِيَأْكُلْهَا وَلَا يَدَعْهَا لِلشَّيْطَانِ فَإِذَا فَرَغَ فَلْيَلْعَقْ أَصَابِعَهُ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي فِي أَيِّ طَعَامِهِ تَكُونُ الْبَرَكَةُ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sesungguhnya setan hadir pada salah seorang di antara kalian dalam segala urusannya, termasuk ketika dia makan. Apabila jatuh satu suapan makanan salah seorang di antara kalian, ambillah lalu buang kotorannya dan makan bagian yang bersih. Jangan dibiarkan untuk setan, apabila telah selesai hendaklah dia jilati jari-jemarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa keberkahan.” (HR. Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Apabila seseorang menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata: ‘Kalian (bangsa setan) tidak bisa menginap dan tidak bisa makan!’ Jika seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya, maka setan berkata: ‘Kalian bisa masuk dan bisa menginap.’ Jika seseorang tidak menyebut nama Allah sewaktu hendak makan, maka setan berkata: ‘Kalian bisa menginap dan makan malam.’” (HR. Muslim)

Jadi harus kita ingat bahwa masuk rumah baca “Bismillah”, mengucapkan salam untuk penghuni rumah. Kita doakan istri, anak, dan keluarga. Hal ini agar setan tidak ikut menginap.
Baca selengkapnya : rodja.id/59z

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *