Hikmah Malam: Ujian Hidup Tidak Selalu Kesengsaraan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Semua orang pernah menangis, ada yang melampiaskan kesedihannya dengan jalan-jalan, curhat kepada teman, jalan yang salah pun terkadang ditempuh, seperti minum-minuman keras atau pergi ke tempat hiburan penuh kemaksiatan.

Alhamdulillah, bersyukurlah. Jika engkau membawa tangisan dengan datang kepada Allah ﷻ. Artinya masih ada muatan iman di hatimu. Mencurahkan hati kepada Sang Pencipta tentang betapa beratnya beban hidup dengan air mata dan tangisan, itu lebih baik daripada bercerita dengan makhluk atau dengan jalan yang tak diridai-Nya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bisa jadi kebahagiaan yang engkau dapatkan selama ini dari jalan maksiat atau yang tidak diridhai oleh Allah ﷻ. Boleh jadi engkau tidak mengetahui karena tidak ada yang memberi tahu.

Mendapatkan kesuksesan di jalan yang menyimpang bukanlah tanda kemuliaan, melainkan jebakan yang nyata dari setan. Jenis ujian seperti ini yang kebanyakan manusia tak menyadarinya.

Pahamilah, bahwa ujian dari Allah tidak selalu tentang kesedihan. Kelapangan yang kita punyai saat ini, juga untuk menguji sejauh mana rasa syukur dalam hati kita. Bukan tentang kesedihan dan kebahagiannya, karena itu adalah sunnatullah yang akan dipergilirkan untuk setiap dari kita, tapi sebaik apa sikap kita merespon keduanya. Semoga Allah berikan hati yang mudah bersyukur dan bersabar dalam menghadapi ujian Allah di Dunia.

🎙️ Abu adz-Dzayyal rahimahullah berkata,

تعلم الصمت كما تتعلم الكلام، فإن يكن الكلام يهديك، فإن الصمت يقيك، ولك في الصمت خصلتان: تأخذ به علم من هو أعلم منك، وتدفع به عنك من هو أجدل منك.

“Belajarlah diam seperti engkau belajar bicara. Sebab, apabila bicara itu akan membimbingmu, maka sesungguhnya diam juga akan menjaga dirimu. Dengan diam, engkau akan mendapatkan dua hal:

1) engkau bisa mengambil ilmu dari orang yang lebih berilmu darimu, dan
2) engkau bisa menolak keburukan orang yang lebih pintar debat dari dirimu.”

📚 Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadhlih, jilid 1 hlm. 550

✒️ Editor : Admin AsySyamil.com

♻️ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.
Jazakumullahu khoiron.
📮 MUTIARA NASEHAT MUSLIMAH

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *