Penelitian Menunjukkan Bahwa 5 Aktivitas Ini Justru Akan Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia

Aktivitas Ini Akan Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia
ilustrasi: Mendengarkan Musik/pexel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBanyak orang yang melakukan hobi untuk “healing” atau bersantai dari hari-hari buruk dan rutinitas sehari-hari. Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara aktivitas kreatif dan dampaknya terhadap kehidupan bahagia.

Pada dasarnya, melakukan aktivitas yang Anda sukai umumnya dapat memberikan efek menenangkan dan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada bulan Juli 2023, survei yang dilakukan oleh American Psychiatric Association (APA) menemukan bahwa orang Amerika yang melakukan aktivitas kreatif setidaknya sekali seminggu lebih mungkin dibandingkan orang yang melakukan aktivitas kreatif lebih sering tidak terlibat, kesehatan mentalnya lebih baik.

Aktivitas kreatif memiliki lebih dari sekedar manfaat kesehatan mental. Mereka mungkin juga berperan dalam morbiditas dan mortalitas, distribusi berat badan, tekanan darah, dan karakteristik fisik lainnya.

Berikut lima aktivitas yang bisa membuat hidup Anda lebih bahagia.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan rekreasi yang paling populer. Sekitar 77 persen perseta jajak pendapat APA melaporkan mendengarkan musik bermanfaat untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Mendengarkan musik yang disukai dapat menyeimbangkan amigdala, atau bagian otak yang mengatur emosi. Bagian otak manusia ini sensitif terhadap musik yang dianggap menyenangkan.

“Ada asosiasi positif antara mendengarkan musik dan kesejahteraan melalui belajar mengelola emosi seseorang, beristirahat dari masalah dan membuatnya lebih mudah untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki hasrat yang sama untuk gaya atau grup musik,” kata Howard Liu, seorang psikiater dewasa, anak dan remaja di University of Nebraska Medical Center dikutip dari The Huffington Post.

Sebuah studi tahun 2022 oleh Graduate University of Mongolia juga menemukan bahwa musik pop, metal, rock, klasik Barat, dan musik tradisional Tiongkok memiliki korelasi positif antara kesehatan mental seseorang dan perilaku sehari-hari.

Selain itu, musik dapat mengurangi rasa sakit, memperbaiki postur dan gerakan, serta mengurangi agitasi yang terkait dengan penyakit. Bahkan jika seseorang tidak mendengarkan secara aktif, mendengarkan musik latar mengurangi tingkat kecemasan dan kesusahan, serta meningkatkan relaksasi.

Menyelesaikan Puzzle

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *