PP Muhammadiyah Telah Tetapkan Awal Ramadan, NU Menunggu Hilal

Muhammadiyah Telah Tetapkan Awal Ramadan
KH Yahya Cholil Staquf
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKetua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan NU tidak terburu-buru mengumumkan awal Ramadan tahun 1445 H. Menurut Yahya, penetapan Ramadan adalah melihat hilal nantinya

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal bulan Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Penentuan ini didasarkan pada metode penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mengenai puasa, silakan Muhammadiyah mengumumkan 11 Maret, tetapi NU jelas baru bisa mengumumkan awal Ramadan itu setelah melihat hilal pada saat saatnya nanti,” kata Yahya di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Yahya menuturkan, NU menetapkan permulaan bulan berdasarkan rukyatulhilal. Nantinya dalam memantau hilal, NU akan mengirimkan sejumlah tim untuk melakukan pemantauan di sejumlah lokasi, seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pada saatnya nanti, NU seperti biasa akan mengirim tim untuk memantau hilal, memantau bulan pada awal bulan. Kalau memang sudah terbit akan segera diumumkan sebagai awal Ramadan. NU menetapkan permulaan bulan berdasarkan rukyatulhilal, tidak berdasarkan hisab,” jelas Yahya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar