Apakah Anda Ingin Alam Kubur Diterangi Cahaya? Ikuti Pesan Ulama Ini

Alam Kubur Diterangi Cahaya
Alam Kubur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKetika ruh manusia meninggalkan jasadnya, maka tempat tinggalnya yang lain adalah alam kubur. Kehidupan di alam kubur akan bergantung pada apa yang dilakukan manusia selama hidupnya di bumi.

Sutomo Abu nashr menjelaskan dalam buku “Mazhabmu Rasulullah”: “Para ulama menjelaskan betapa pentingnya bagi umat Islam untuk selalu mengingat bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara.” Sejak awal malam pertama di alam kubur menjadi pengaruh yang kuat terhadap apa yang dilakukan manusia selama hidupnya di bumi

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketika seorang hamba memiliki amalan yang baik semasa hidup, maka sesungguhnya ia telah memiliki rumah yang dijaga oleh malaikat Ridwan, bertetanggakan dengan orang-orang sholeh, memiliki istana dari emas, wewangian menjadi tanahnya, dan za’faran adalah bunga yang tumbuh di dalamnya.

Namun, kalau bukan awal dari malam-malam surga, maka awal dari malam-malam neraka akan mereka terima. Terdapat azab di alam kubur, hal ini sebagaimana yang termaktub di dalam Alquran Surat Al Mukmin ayat 45-46:

وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوْءُ الًعَذَابِ اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوْا آلَ فِرْعَوُنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

 “Wa haaqi bi-ali firauna su-ul adzabinnaru yu’radhuna alaiha ghuduwwan wa asyiyyan wa yauma taqumussaa’atu adkhiluu alaa firauna asyaddal adzabi.”

Yang artinya, “Dan Firaun beserta pengikutnya dikepung oleh azab yang sangat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat (dikatakan kepada mereka): “Masukkan Firaun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras.”

Ayat ini menurut para ulama sekaligus menjadi dalil adanya siksa kubur yang nyata bagi manusia. Maka ketika seorang Muslim mengingkan kehidupan alam kubur yang dipenuhi cahaya terang, sebaiknya ia menjalankan tuntunan agama dan pesan para ulama.

Ucapkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, memohon ampunan kepada Allah SWT, dan mintalah petunjuk untuk senantiasa mendapatkan jalan yang benar.

Umat Islam juga ditekankan untuk senantiasa meneguhkan hati dengan perkataan yang teguh, tidak membutakan penglihatan dan mata hati dengan kezaliman, tidak menjadi kaum yang menyimpang dari manhaj Allah SWT.

Jangan sampai juga umat Nabi Muhammad SAW memperjual-belikan maksiat, lalai dari ayat-ayat Allah SWT, sehingga hatinya menjadi buta, tuli, sesat dan jauh dari petunjuk Allah SWT. Hatinya menghitam dan sulit menemui cahaya hidayah.

Ketika seluruh amal perbuatan tersebut dilakukan, maka niscaya Allah SWT memberikan cahaya yang terang-benderang di alam kubur bagi hamba-Nya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar