Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Ketika Anda Tidur Kurang Dari 6 Jam Setiap Malam

Tidur Kurang Dari 6 Jam Setiap Malam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMenurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mendapatkan tidur yang berkualitas minimal tujuh jam semalam sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, kurang tidur adalah masalah umum yang mempengaruhi 50 hingga 70 juta orang dewasa di Amerika Serikat pada waktu tertentu, menurut temuan Klinik Cleveland.

“Sebagian besar orang mengalami kurang tidur pada suatu titik dalam hidup mereka,” demikian diungkapkan oleh para ahli. Bagi mereka yang kurang mendapatkan tidur optimal, dampak kesehatannya bisa signifikan dan bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari yang disarankan dapat meningkatkan risiko kematian secara signifikan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika tidur kurang dari enam jam per malam, dan mengapa tidur yang cukup adalah investasi terbaik untuk kesehatan Anda, seperti dilansir dari Best Life:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Anda berisiko mengalami gangguan pada jantung

Kurang tidur dapat menyebabkan gejala yang berkisar dari ringan hingga parah dan gejala kardiovaskular adalah beberapa yang paling berbahaya di antaranya, kata para ahli.

“Kurang tidur mengakibatkan peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, yang menyebabkan peningkatan detak jantung, vasokonstriksi, dan peningkatan tekanan darah,” jelas Taryn Fernandes, MD, dokter pengawas di MEDvidi, pusat perawatan kesehatan mental online.

“Kurang tidur yang cukup telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena hipertensi, serta penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan infark miokard,” tambahnya.

  1. Anda berisiko mengalami gangguan hormonal

Selain itu, tidur yang direkomendasikan selama tujuh hingga sembilan jam per malam memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh. Menurut Fernandes, kurang tidur dapat mengacaukan produksi hormon normal seperti kortisol, insulin, dan hormon pertumbuhan.

Rigved Tadwalkar, MD, seorang ahli jantung bersertifikat di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, CA, menyatakan bahwa tidur juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dengan cara lain.

“Dengan cara tidak langsung, kurang tidur berkontribusi pada disregulasi hormon yang dapat menyebabkan rasa lapar,” katanya kepada Best Life. “Hal ini berkontribusi pada obesitas, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kardiovaskular.”

  1. Anda berisiko menderita masalah kesehatan mental

Banyak yang tak menyadari bahwa kurang tidur bisa dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda, kata Fernandes. Secara khusus, kurang tidur telah dikaitkan dengan tingginya insiden kecemasan, depresi, dan gangguan suasana hati lainnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan kerentanan terhadap gangguan kejiwaan, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia, karena tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, pengaturan emosi, dan fungsi kognitif, jelas Fernandes. Dia mencatat bahwa tidur kurang dari enam jam per malam secara teratur dapat menyebabkan perubahan suasana hati, lekas marah, dan penurunan motivasi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *