Saur Hutabarat: Anies Adalah Calon Presiden Yang Mempunyai Pola Pikir Global

Anies pemimpin dengan pola pikir internasional
Pasangan Amin dan Rhoma Irama
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAnies Baswedan dinilai menjadi calon presiden paling berpikiran internasional pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024, dibandingkan calon presiden lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Ada beberapa alasan untuk dianggap sebagai pemimpin dengan pola pikir internasional. 

“Salah satunya adalah karena Anies banyak mengenyam studi di luar negeri sehingga bercakap bahasa Inggris lebih baik dari pasangan lain,” kata jurnalis senior, Saur Hutabarat, dalam acara peluncuran buku “Anies Baswedan The Rising Star” karya sukarelawan Anies Baswedan, Samsul Muarif, di Markas Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin), Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kemudian, lanjut Saur, semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies seringkali melakukan perjalanan dinas ke luar negeri untuk mempelajari banyak hal.

Saur membeberkan, Anies selama ini juga merespons pertanyaan dari media internasional dengan melihat politik luar negeri yang harus mempunyai nilai, termasuk politik bebas aktif Indonesia.

“Maka kebijakan politik yang bebas aktif bisa lebih tegas dan jelas sikapnya,” jelas dia.

Saat ini, sambung Saur, isu internasional yang sering dibawakan media massa, yakni menyangkut hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Ini pertanyaan paling serius, pemerintahan sekarang lebih cenderung ke Tiongkok ketimbang negara lain. Padahal Anies selalu menekankan solusi dialog dengan berbasis warga dunia.”

Saur menegaskan, Anies memang ingin menjadikan bangsa Indonesia sebagai warga dunia. “Bukan warga Asia Tenggara, tetapi warga dunia,” cetusnya.

Mengenai masalah Laut Cina Selatan, misalnya, berbagai kepentingan sejumlah pihak pasti ada, maka jelaslah yang penting berdialog dengan yang punya kepentingan di sana.

“Dan tetap berpegang pada menjadikan bangsa ini sebagai warga dunia. Termasuk pentingnya Spirit Bandung, menularkan spirit kemerdekaan ke seluruh dunia,” jelas Saur.

Saur mengungkapkan, seandainya saat ini media-media meliput kegiatan Program Desak Anies, ia memprediksi kesimpulan tentang Anies di dunia internasional akan jauh lebih sempurna.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *