Hikmah Malam: Arti Wayatafakkaruuna Fii Khalqis Samaawaati dalam Surat Ali Imran Ayat 191

Arti Wayatafakkaruuna Fii Khalqis Samaawaati
Al-Qur'an
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idWayatafakkaruuna fii khalqis samaawaati wal ardhi adalah lafaz yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 191. Surah Ali Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 200 ayat.

Surah itu dinamakan Ali Imran, karena memuat riwayat keluarga Imran yaitu Isa, Yahya, Maryam dan ibunya secara lengkap. Imran adalah nama kakek Nabi Isa AS atau ayah Maryam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Disebutkan dalam Tafsir Al-Mishbah Jilid 2 karya M Quraish Shihab, tujuan utama surah Ali-Imran adalah pembuktian tentang tauhid, keesaan, dan kekuasaan Allah SWT. Surah ini juga berisi tentang penegasan bahwa dunia, kekuasaan, harta, dan anak-anak yang terlepas dari nilai-nilai ilahiyah tidak akan bermanfaat di akhirat kelak.

Arti Wayatafakkaruuna Fii Khalqis Samaawaati dalam Surah Ali Imran

Potongan lafaz ayatafakkaruuna ditemukan dalam surah Ali-Imran ayat 191. Secara bahasa, wayatafakkaruuna dalam bahasa Arab bermakna “..dan memikirkan tentang…”

Berikut lafaz surah Ali Imran ayat 191 selengkapnya,

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab-latin: Al-lażīna yażkurūnallāha qiyāmaw wa qu’ūdaw wa ‘alā junūbihim wa wayatafakkaruuna fii khalqis samaawaati wal-arḍ(i), rabbanā mā khalaqta hāżā bāṭilā(n), subḥānaka fa qinā ‘ażāban-nār(i).

Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha Suci Engkau. Lindungilah kami dari azab neraka.

Pada ayat sebelumnya yakni surah Ali Imran ayat 190 menjelaskan bahwa dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Dalam kitab Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir karya Ibnu Katsir disebutkan kejadian ini bisa berupa penciptaan bintang, komet, daratan, lautan, tumbuhan, buah-buahan, dan semuanya.

Allah SWT berfirman,

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Arab-latin: Inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la’āyātil li’ulil-albāb(i).

Artinya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *