9 Makanan dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Gula Darah Tinggi

Makanan dan Minuman Penderita Gula Darah Tinggi
Sereal manis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idDiabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Diabetes telah mencapai proporsi epidemi di kalangan orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia.

Diabetes yang tidak terkontrol menimbulkan banyak akibat serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang penting, mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin serta meningkatkan peradangan, yang meningkatkan risiko penyakit.

Artikel ini mencantumkan 9 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes dan pradiabetes untuk mengontrol gula darahnya. Mengapa asupan karbohidrat penting untuk diabetes?

Karbohidrat, protein, dan lemak adalah makronutrien yang memberi energi pada tubuh Anda.

Dari zat-zat yang terdapat dalam makanan tersebut, karbohidrat memiliki pengaruh paling besar terhadap gula darah Anda. Ini karena mereka dipecah menjadi gula atau glukosa dan memasuki aliran darah Anda.

Karbohidrat termasuk pati, gula, dan serat. Namun, serat tidak dicerna dan malah diserap oleh tubuh Anda dengan cara yang sama seperti karbohidrat lainnya, sehingga tidak meningkatkan gula darah Anda.

Mengurangi serat dari total karbohidrat dalam porsi makanan akan memberi Anda kandungan karbohidrat yang dapat dicerna atau bersih. Misalnya, jika secangkir sayuran campuran mengandung 10 gram karbohidrat dan 4 gram serat, jumlah karbohidrat bersihnya adalah 6 gram.

Ketika penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat pada suatu waktu, kadar gula darah mereka dapat naik ke tingkat yang sangat tinggi.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak saraf dan pembuluh darah tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kondisi kesehatan serius lainnya.

Mempertahankan asupan karbohidrat rendah dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan sangat mengurangi risiko komplikasi diabetes.

Melansir HealthLine, penting untuk menghindari makanan dan minuman yang tercantum di bawah ini:

1. Lemak trans

Lemak trans buatan sangat tidak sehat.

Mereka dibuat dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil.

Lemak trans ditemukan dalam margarin, selai kacang, olesan, krimer, dan makan malam beku. Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke biskuit, muffin, dan makanan panggang lainnya untuk membantu memperpanjang umur simpan produk.

Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, mereka telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan lemak perut, serta kadar kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah dan gangguan fungsi arteri.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang hubungan antara lemak trans dan resistensi insulin, tautan yang disebutkan di atas sangat memprihatinkan bagi penderita diabetes, karena mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *