Mengapa Harus Anies Baswedan (2)

Mengapa Harus Anies Baswedan
Anies Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Bank “offshore” menjadi pilihan favorit bagi orang superkaya Indonesia. Sebab, mereka amankan kekayaannya agar tidak terkena pajak. Namun, dana tersebut tidak otomatis “nganggur” di negara yang tarif pajaknya rendah. Dana-dana tersebut juga diinvestasikan dalam pelbagai instrumen di negara-negara lain yang pajaknya tinggi. Bahkan, dana tersebut bisa kembali ke Indonesia dalam bentuk “hot money.”

Dana tersebut mengalir ke pasar modal dan instrumen keuangan lainnya. Bisa saja uang asing yang masuk ke Indonesia itu milik orang Indonesia sendiri yang disimpan di luar negeri. Sebab, mereka menyimpan kekayaanya di luar negeri secara aman agar tidak terendus penegak hukum Indonesia. Jadi, korupsi tersebut tidak hanya terjadi di daerah, kementerian atau satu negara saja, tapi melibatkan antarnegara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anies Baswedan dalam kontek ini, layak menjadi Presiden 2024 agar bisa mengatasi korupsi jenis ini. Sebab, beliau punya hubungan internasional yang luas. Hal ini dibuktikan dengan pelbagai penghargaan internasional yang diperoleh. Salah satunya, majalah Foreign Policy terbitan Carnegie Endowment for International Peace yang berpusat di Washington, AS (2008), menempatkan Anies Baswedan dalam deretan 100 intelektual dunia. Beliau satu-satunya wakil Indonesia yang dideretkan dengan Yusuf Qardhawi, Muhammad Yunus, Al Gore, Noam Chomsky, Francis Fukuyama, dan Samuel Huntington.

Beliau juga mendapat penghargaan “Gerald Maryanov Award” (2004) dari Departemen Ilmu Politik Universitas Northem Illionis, AS. Bahkan, ARB pada tahun 2009, menerima penghargaan “Young Global Leaders” dari Geneva, Switzerland. Dahsyatnya, sewaktu ARB dipersilahkan Sekjen PBB Antonio Guterres dalam pertemuan pemimpin C40 secara virtual beberapa waktu lalu.

berhasil memukau peserta pertemuan. Bahkan, Sekjen PBB langsung menerima usulan ARB mengenai advokasi dampak perubahan iklim bagi kota-kota besar dunia. Padahal, Anies hanya menyampaikan pidato sekitar 2 menit.

Anies Baswedan juga menerima pelbagai penghargaan dalam negeri. ARB, tahun 2020 menerima penghargaan dari Kementerian Agama karena menghibahkan 400 milyar rupiah bagi menyejahterakan guru-guru agama di Jakarta. ARB pada tahun 2021, menerima “Sustainable Tranport Award.” Beliau pada tahun 2019 juga menerima penghargaan Indeks Pembangunan Ketenegakerjaan. Tidak hanya itu. ARB, bahkan, menerima Anugerah “Public Relations Indonesia Awards” (2020), KPPU Award (2021), “IDC Future Enterprise Award” (2021), dan “Top Digital Awards” (2021).

Simpulannya, Anies Rasyid Baswedan dapat diandalkan untuk membebaskan Indonesia menjadi negara gagal melunasi utang luar yang sudah mencecah angkah Rp. 20 ribu trilyun. Sebab, dengan kapasitasnya sebagai pemimpin peringkat dunia, ARB bisa melobi negara kreditor untuk mengatur jadwalan pelunasannya tanpa menggangu proses pembangunan nasional Indonesia. Pada waktu yang sama, ARB dengan hubungan internasionalnya yang luas dapat menghentikan para konglomerat dan pejabat negara menyimpan duitnya di luar negeri. In syaa Allah (bersambung). (Depok, 3 Februari 2024).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *