Hak Angket Digulirkan, Sudirman Said: Buka Peluang Pemilu Diulang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Co-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said menjelaskan alasan terkait usulan hak angket kecurangan Pemilu 2024 perlu digulirkan hingga ke DPR RI. Dia menyebut hak angket nantinya diharapkan akan memberikan kesimpulan utuh terkait proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Hak angket itu akan memberi kesimpulan kepada satu persoalan lebih komprehensif gitu,” ujar Sudirman Said dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (24/2/2024).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika nantinya setelah hak angket dapat bergulir dan para anggota dewan menyimpulkan proses Pemilu 2024 bermasalah, maka akan ada peluang pemilu dinyatakan tidak sah dan harus diulang.

“Kalau ternyata pemilu ini disimpulkan oleh para anggota parlemen bermasalah serius gitu ya, yang diharapkan gitu kan, satu kesimpulan bahwa Pemilu ini bermasalah nah itu tidak legitimate,” ujar Sudirman.

Selain itu, Sudirman menyampaikan hak angket juga bisa menyatakan salah satu pasangan calon (paslon) dinyatakan bersalah dalam proses Pemilu 2024 dan harus didiskualifikasi.

“Karena itu perlu diulang atau ada proses mendiskualifikasi satu calon misalnya gitu,” imbuhnya.

Diketahui, usulan hak angket itu awalnya datang dari Ganjar Pranowo. Ganjar mendorong partai pengusungnya dan partai pengusung pasangan AMIN yakni NasDem, PKB, dan PKB untuk menggulirkan hak angket.

Partai pengusung Ganjar-Mahfud yang berada di DPR saat ini adalah PDI Perjuangan dan PPP.

Ganjar mengatakan, hak angket yang merupakan hak penyelidikan DPR, menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban KPU dan Bawaslu terkait dengan penyelenggaraan Pilpres 2024.

Ia merasa proses Pilpres 2024 sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (19/2/2024).

Sementara itu, tiga partai pendukung AMIN telah menyatakan setuju untuk menggulirkan hak angket ke DPR terkait kecurangan Pemilu 2024.

“Semangat kami seperti semangat yang paling dinyatakan oleh Pak Anies kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket,” ujar Sekjen NasDem, Hermawi Taslim dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).

Hermawi kemudian menjelaskan alasan ketiga partai pendukung Anies-Muhaimin akhirnya sepakat mendukung usulan hak angket.

“Kenapa hak angket kita dukung? Kita inginkan kebenaran. Kami bersekutu dengan siapa pun di Republik ini yang memiliki itikad baik untuk menegakkan kebenaran dan keadilan untuk bangsa Indonesia,” ucap Hermawi.

Hermawi menuturkan Koalisi Perubahan sudah mengantongi sejumlah data yang diperlukan untuk menggulirkan hak angket.

Kekinian, sikap Koalisi Perubahan, kata Hermawi, tinggal menunggu langkap PDIP sebagai partai pertama yang mengusulkan hak angket tersebut.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *