Harga BBM Naik Mulai 1 Maret 2024, Ini Penyebabnya…

Harga BBM Naik Mulai 1 Maret 2024
Ilustrasi: Harga BBM Naik/medcom
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan tren kenaikan harga minyak mentah dunia terus berlanjut. Hal ini tentunya akan mempengaruhi harga jual bahan bakar minyak (BBM), khususnya bahan bakar non subsidi di Indonesia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan tren kenaikan harga minyak dunia disebabkan berlanjutnya konflik di Timur Tengah. Sehingga mempengaruhi logistik minyak mentah dunia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Atas hal itu, Tutuka memberikan sinyal harga BBM non subsidi di bulan depan lantaran konflik di Timur Tengah yang membuat harga minyak dunia meningkat.

“Karena intensitas Timur Tengah masih tinggi karena mengganggu logistik jadi akhirnya terpengaruh. Jadi memang perlu dicermati, saya setuju (harga BBM naik) karena harga minyak cenderung naik terus,” tambahnya.

Seperti diketahui, harga minyak mentah Brent ditutup menguat pada perdagangan kemarin. Penguatan tersebut karena kekhawatiran pasokan yang masih ada akibat ketegangan di Timur Tengah.

Pada perdagangan Senin (19/2/2024) harga minyak mentah Brent tercatat US83,56 per barel, naik 0,11 dibandingkan posisi kemarin. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) tidak ada perdagangan karena libur Hari Presiden di AS.

Baik Brent maupun WTI berjangka pada pekan lalu masing-masing naik sekitar 1,5% dan 3%, didorong oleh meningkatnya risiko konflik Timur Tengah.

Konflik di Timur Tengah berlanjut selama akhir pekan ketika serangan Israel membuat rumah sakit terbesar kedua di Jalur Gaza tidak dapat beroperasi.

Sumber: cnbc

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar