MK Datangi KPU Bahas Persiapan Sengketa Pemilu, Jubir MK: Semua Sudah Disiapkan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Mahkamah Konstitusi (MK) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membahas persiapan sengketa Pemilu 2024, Senin (26/2).

Juru Bicara MK Fajar Laksono menyebut salah satu yang dibicarakan adalah kemungkinan jadwal KPU untuk mengumumkan hasil penghitungan suara Pilpres 2024 secara nasional. Sebab, pelaporan sengketa Pemilu di MK dimulai sejak KPU mengumumkan hasil perolehan suara tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Bagaimanapun meski proses rekapitulasi masih berjalan tentu MK juga sudah harus menyiapkan rencana-rencana kira-kira kapan pengumuman perolehan suara hasil pemilu dilaksanakan oleh KPU,” kata Fajar.

“Karena begitu pengumuman dari KPU maka itulah menjadi garis start-nya Mahkamah Konstitusi untuk menerima pengajuan permohonan. Kira-kira itu saja tadi, koordinasi saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Fajar menyebut dalam pertemuan itu mereka juga membahas skenario sengketa Pemilu jika KPU mengumumkan hasil perolehan suara pada 20 Maret, sesuai jadwal tahapan Pemilu 2024.

“Artinya di MK juga harus siap setelah 20 Maret proses penerimaan pengajuan permohonan itu dimulai dan itu kemungkinan nanti akan misalnya dijeda dengan libur Lebaran dan seterusnya,” jelasnya.

“Berbeda misalnya nanti diumumkan sebelum tanggal 20 Maret. Itu kan juga akan berbeda misalnya sudah putusan sebelum Lebaran. Itu saja tadi kita diskusi gambaran-gambaran soal timeline,” imbuhnya.

Fajar mengatakan MK telah menyiapkan hal lainnya untuk menghadapi masa sengketa. Dia menyebut MK telah menyiapkan dari segi regulasi hingga SDM.

“Kita sudah siapkan pekerjaan nanti bagaimana pemohon mengajukan permohonan, itu semua kita sudah siapkan,” ucapnya.

Fajar menyebut MK akan melakukan simulasi sengketa secara keseluruhan. Fajar mengatakan semuanya dapat dikawal oleh publik.

Saat ini, KPU masih melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara pilpres dan pileg. Rekapitulasi penghitungan suara itu juga saat ini masih menuai kritik karena terdapat banyak permasalahan.

Penghitungan suara Pemilu 2024 oleh KPU sudah dilakukan sejak Rabu (14/2). KPU menghimpun data perolehan suara dari TPS-TPS lewat aplikasi Sirekap.

Terkait Pilpres 2024, secara keseluruhan pasangan Prabowo-Gibran unggul atas paslon lainnya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam total perhitungan suara sementara KPU. Meski begitu, beberapa hari belakangan terdapat sejumlah kejanggalan data Sirekap.

Hasil suara resmi yang akan ditetapkan oleh KPU adalah penghitungan suara manual yang dilakukan secara bertingkat dari kecamatan, Kabupaten/Kota hingga ke nasional.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *