Besar Kemungkinan PDIP Akan Menjadi Oposisi Setelah Pemerintahan Jokowi

PDIP Akan Menjadi Oposisi Setelah Pemerintahan Jokowi
PDIP Akan Menjadi Oposisi Setelah Pemerintahan Jokowi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Herry menilai belakangan PDIP sudah menunjukkan taring untuk ‘melawan’ pemerintahan Jokowi di sisa kepemimpinannya. Salah satu perlawanan misalnya soal etika demokrasi Jokowi.

“Setelah Jokowi selesai berkuasa jelas PDIP menurut saya akan berada di luar pemerintahan,” kata Herry kepada, Senin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia menilai PDIP tetap percaya diri sebagai institusi partai yang kuat, terutama setelah hasil quick count dan real count Pileg 2024 menunjukkan mereka masih perkasa berada di urutan pertama.

Dengan kondisi itu, Herry menilai PDIP telah menimbang untung rugi apabila menjadi oposisi pasca Pilpres 2024. Dalam hal ini, PDIP tak banyak mengalami kerugian sebab suara mereka di akar rumput tetap kuat.

Apalagi PDIP sudah berpengalaman sebagai oposisi selama periode 2004-2014. Menurut Herry, kekuatan PDIP akan membuat demokrasi semakin berkualitas.

“Ini sangat efektif untuk menjaga agar setiap pilihan-pilihan kebijakan juga lebih murni, lebih berpihak, dan tidak kompromistis,” kata dia.

Apabila PDIP mampu mengawal suara rakyat dengan melawan kebijakan yang kurang tepat misalnya, Herry pun yakin suara PDIP akan semakin kuat di masyarakat dalam kontestasi politik selanjutnya.

Kini, PR besar PDIP adalah mencari dan mempersiapkan kader unggulan pasca ‘ditinggal’ sosok Jokowi yang dianggap memiliki tingkat kepercayaan tinggi dalam masyarakat.

Herry juga meyakini hanya PDIP dan PKS yang kemungkinan jadi oposisi pemerintah. Meskipun tak imbang, dengan komposisi ini, ia meyakini demokrasi Indonesia ke depan akan semakin seru ketimbang masa pemerintahan Jokowi.

“Kalau porsi jelas tidak kuat ya. Tapi kalau bicara gerakan-gerakan, saya kira itu akan memberikan warna tersendiri dalam konteks demokrasi,” ucapnya.

Sumber: cnn

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar