Waspada! Jokowi, CT dan Sri Mulyani Mengungkap Kengerian Global

Sri Mulyani Mengungkap Kengerian Global
ilustrasi: Kengerian Global
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Permasalahan geopolitik menjadi isu serius yang kita hadapi. Rusia-Ukraina tidak atau belum selesai, muncul lagi masalah Hamas dengan Israel,” tegas pengusaha senior tersebut.

Selain itu, CT juga menyorot soal financial stress yang menyebabkan supply and demand sektor keuangan terganggu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Suku bunga bank di Amerika meningkat yang mengakitbatkan suku bunga di dunia meningkat,” katanya.

Sementara itu, lanjut CT, masalah lingkungan juga semakin serius. Menurutnnya tantangan ini tiap tahun bukan berkurang, tetapi malah meningkat.

Terakhir, tantangan selanjutnya adalah distribusi teknologi, di mana chat GPT disebut-sebut dapat menggantikan manusia dan mengurangi penyerapan tenaga kerja. “Belum lagi robotisasi, transformasi yang kita tidak siap menjadi masalah berikutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyebut kondisi dunia sedang tidak dalam kondisi baik. Terlihat dari beberapa negara yang masuk jurang resesi hingga pasien lembaga Dana Moneter Dunia (International Monetary Fund/IMF) sudah mencapai 96 negara.

Hal ini diungkapkan Jokowi ketika Pembukaan Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Palembang, beberapa waktu lalu.

“Dalam satu dua bulan ini banyak negara masuk dalam jurang resesi. Eropa, kemudian baru saja kemarin Inggris masuk resesi, Jepang masuk resesi. 96 negara juga jadi pasiennya IMF,” kata Jokowi.

“Artinya apa? situasi dunia tidak sedang baik-baik saja,” sambungnya.

Jokowi pun mengimbau kepada seluruh stakeholder pemerintahan untuk melakukan pengelolaan ekonomi hingga anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan hati-hati. Ia juga memberikan pesan yang sama pada pemerintahan berikutnya.

“Dan kita harapkan ke depan pemerintah yang baru juga melakukan hal yang sama, hati-hati dalam mengelola negara sebesar Indonesia. Karena Indonesia bukan negara kecil,” kata Jokowi.

Sumber: cnbc

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar