Abdul Mu’ti Bila Muhammadiyah Puasa Duluan: Saya Tidak Yakin Banyak yang Ikut

Bila Muhammadiyah Puasa Duluan
Abdul Mu'ti
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti sempat guyon soal perbedaan awal Ramadan dan awal Idul Fitri.

Dia tidak yakin apakah banyak masyarakat Indonesia yang akan bergabung dengan Muhammadiyah jika organisasi keagamaan Islam yang dipimpin Haedar Nashir itu memulai puasa lebih awal dari pemerintah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kalau Hari Raya berbeda, yang ikut duluan saya kira banyak. Tapi kalau ikut puasanya yang Muhammadiyah duluan, saya enggak yakin banyak yang ikut Muhammadiyah,” kata Mu’ti yang disambut tawa ketika berpidato di acara peluncuran buku Haedar Nashir di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (4/3).

Mu’ti memprediksi nantinya awal bulan Ramadan 1445 H tahun ini akan berbeda antara Muhammadiyah dan pemerintah. Sementara Hari Raya Idul fitri akan berlangsung sama dengan pemerintah.

Ia pun berkelakar tidak mengetahui warga Muhammadiyah akan ikut Hari Raya Idulfitri versi Muhammadiyah atau pemerintah jika berbeda.

“Kalau Hari Raya berbeda saya enggak tahu warga Muhammadiyah ikut yang mana, yang ikut duluan atau belakangan,” kata dia.

Tak hanya itu, Mu’ti juga optimistis banyak generasi muda yang ikut waktu subuh Muhammadiyah. Sebab, waktu Subuh versi Muhammadyah lebih lambat delapan menit dibanding waktu yang ditetapkan pemerintah.

Pada 2021 lalu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah memutuskan waktu Salat Subuh untuk negara Indonesia mundur rata-rata 8 menit. Hal ini keputusan PP Muhammadiyah Nomor 734/kep/i.0/b/2021 tentang Tanfidz Keputusan Musyawarah Nasional XXXI Tarjih Muhammadiyah.

“Termasuk yang nanti imsakiyah juga yang ikut Muhammadiyah banyak. Yang lain sudah mulai berpuasa, yang Muhammadiyah masih menikmati makanan karena masih punya waktu delapan menit,” kata dia.

Sumber: cnn

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *