Prabowo Dengan Tegas Mengatakan Bahwa Utang Indonesia Zaman Presiden Soeharto Sudah Habis

Utang Indonesia Zaman Presiden Soeharto
Prabowo Subianto
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSepanjang sejarah, pemerintah Indonesia tidak pernah mengalami gagal bayar atau default meskipun telah menjalani berbagai rezim.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada para bankir dan investor pada Mandiri 2024 Investment Forum di Fairmont Hotel Jakarta pada Selasa (5/3/2024).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Prabowo, hal itu terjadi sejak masa kepemimpinan Presiden Sukarno hingga Joko Widodo.

“Utang-utang dari rezim sebelumnya selalu diakui dihormati dan diselesaikan oleh rezim yang melanjutkannya meskipun mungkin secara ideologi dan secara hubungan mereka saling oposisi,” kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, dirinya merasa terhormat lantaran utang pemerintah di era Soeharto telah diselesaikan oleh pemerintahan saat ini.

“Kita merasa sangat terhormat sekali pada rezim Soeharto semua utang di bawah administrasi Soeharto sudah di selesaikan oleh pemerintah kita, karena di dalam budaya kita sangat tidak baik atau buruk atau bahkan tabu untuk tidak menghormati utang yang anda miliki,” jelasnya.

Selain itu, Prabowo menyebut bahwa Indonesia menjadi negara yang berhasil dalam mengelola pertumbuhan ekonomi setelah Pandemi Covid-19 2020 lalu. Bahkan, tingkat inflasi di Indonesia pun terendah dibandingkan negara lain.

“Semua orang perlu mengakui bahwa Indonesia tidak jelek-jelek amat, Indonesia masih terus berhasil menjaga tingkat pertumbuhannya setelah Pandemi,” ucap dia.

Bahkan, Indonesia juga berhasil mengelola kebijakan fiskal sehingga berdampak pada perekonomian nasional yang prudent. Neraca perdagangan pun mengalami surplus dan mencatatkan kinerja positif selama 5 tahun.

“Pak Ferry terima kasih dan juga cadangan devisa kita sangat sehat meskipun bisa lebih baik untuk tahun-tahun yang akan datang. Kita sangat ingin sekali mempertahankan prakiraan ini yang sudah terbukti memiliki rekor yang sangat hati-hati dan mencapai rekor yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Prabowo juga menyinggung langkah Presiden Jokowi dalam mengelola inflasi dengan cara yang unik. Bahkan hal itu dinilai sulit dikendalikan bahkan bagi negara lain.

“Karena kita bisa melihat di berbagai belahan lainnya contoh inflasi kadang kala sangat sulit sekali untuk dikendalikan. Jadi kita sangat ingin untuk menjadi berhati-hati karena Presiden Jokowi sangat sukses dan mungkin unik dalam mengendalikan inflasi secara kreatif,” bebernya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *