Muhammadiyah Kembali Menegaskan Bahwa Sengketa Pemilu Harus Diselesaikan Melalui Koridor Konstitusional

Sengketa Pemilu Harus Diselesaikan Melalui Koridor Konstitusional
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKetua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta agar segala persoalan dan perselisihan terkait Pemilu 2024 diselesaikan melalui koridor yang diatur konstitusi. Lembaga atau institusi yang memutus hasil perselisihan pemilu harus jujur ​​dan transparan. 

“Pengumuman hasil pemilu, semua harus berada dalam koridor konstitusi. Proses demokrasi harus ada akhirnya lewat pengumuman pemenang pemilu,” kata Haedar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis (14/3) sore.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dirinya menegaskan, Muhammadiyah menginginkan masalah dan sengketa politik baik proses maupun hasilnya harus dibuka sebebas-bebasnya lewat Mahkamah Konstitusi dan institusi-institusi yang sudah diatur konstitusi.

“Dengan catatan MK dan institusi yang berhak memutuskan harus transparan, jujur. Kalau memang ada masalah, bagaimana solusinya. Harus ada objektivitas,” jelasnya.

Di UMY, Haedar menghadiri pembagian takjil bagi mahasiswa yang disediakan 5.000 paket per hari. Pemberian takjil ini digagas UMY pada waktu pandemi Covid-19.

Selama bulan Ramadan ini, Haedar memaparkan Muhammadiyah terus menyebarkan semangat berbagi di tengah kesenjangan sosial yang masih tinggi dan keadilan sosial yang belum baik.

“Karenanya, siapapun, kelompok manapun, institusi manapun, yang punya kelebihan sekaligus akses politik ekonomi yang kuat tidak boleh maju sendiri. Tidak boleh untung sendiri. Tetapi harus berbagi, sebab Indonesia dibangun di atas prinsip gotong royong,” paparnya.

Menurutnya, tidak boleh ada kekuatan, seperti oligarki dan konglomerat yang hidup demi keuntungan sendiri.  Jika konsep berbagi ini diatur dengan baik dalam sebuah sistem, Haedar yakin tercipta kesejahteraan dan keadilan sosial di Indonesia.

Sumber: gatra

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *